Membangun Karakter Peserta Didik melalui Keteladanan Pendidik

Martini, Enny Sri (2010) Membangun Karakter Peserta Didik melalui Keteladanan Pendidik. In: Temu Ilmiah Nasional Guru II: Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan Yang Berkarakter dan Berbasis Budaya, 24–25 November 2010, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
fkip201039.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
fkip201040.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus yang melibatkan pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) dalam hal yang tidak terpuji. Kasus tersebut seperti pelecehan seksual, perkelahian, narkoba, dan masih banyak lagi yang lain. Tulisan ini juga bukan merupakan hasil penelitian, tetapi merupakan suatu sumbangan pemikiran tentang pendidikan karakter itu sendiri. Sebelas keutamaan (kanon) dari Komensky bagi sebuah pembelajaran moral di sekolah, menurut pemikiran kami, merupakan hal yang perlu dipertimbangkan oleh pendidik (guru) dalam pendidikan karakter peseta didik (siswa). Disamping itu, juga akan dibahas tentang beberapa hal yang mungkin menjadi kendala dalam melaksanakan pendidikan karakter di sekolah. Kendala tersebut dapat berupa; batasan pendidikan karakter itu sendiri, pendidik sebagai otoritas pelaksana di lapangan, dan evaluasi sebagai tolak ukur keberhasilan. Dan terakhir, yang merupakan kesimpulan dari tulisan ini adalah keteladanan pendidiklah merupakan faktor penting dalam pendidikan karakter di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fkip201039.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Keutamaan, Moral, Keteladanan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.114 Ethical Education (Etika Pendidikan)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru II
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 09:13
Last Modified: 18 May 2020 04:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item