Batee, Odaligo (2015) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Nias. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42007.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan dan pengembangan kemampuan professional tersebut meliputi berbagai aspek, antara lain, kemampuan guru dalam menguasai kurikulum, materi pengajaran, kemampuan menciptakan media pengajaran yang relevan, kemampuan dalam menggunakan metode dan sarana dalam proses belajar mengajar, melaksanakan evaluasi dan hasil belajar, disiplin dan komitmen guru terhadap tugas. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu faktornya adalah motivasi mengajar guru. Dengan kepemimpinan kepala sekolah membuat guru dapat termotivasi atau sebaliknya membuat motivasinya menjadi menurun.Kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah mempengaruhi perilaku guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap motivasi guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Guru akan memiliki motivasi kerja yang tinggi apabila adanya peran rekan sejawat dan pimpinan dalam pelaksaaan tugas mengajarnya. Hubungan yang harmonis dan komunikasi yang intens menjadi dorongan bagi guru untuk mengkomunikasikan segala hambatan dan persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis pengaruh pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal terhadap motivasi mengajar guru Pegawai Negeri di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Nias. Setelah dirumuskan hipotesis sesuai judul tersebut maka dilanjutkan kepada pcngujian hipotesis. Untuk menguji hipotesis itu,metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil sampel. Kemudian, data ditabulasi dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan alat bantu komputerisasi program SPSS versi 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1 ). gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengajar guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupatcn Nias sebesar 0,126. (2). komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mengajar guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten nias sebesar0,133. Nilai R square sebesar 0,301 yang berarti variasi dari variable motivasi mengajar (Y) dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel gaya kcpemimpinan kepala sekolah (X1) dan variable komunikasi interpersonal (X2) sebesar 30,1% Sedangkan sisanya sebesar 69,9% dijelaskan oleh variasi variabellainnya yang tidak diteliti atau tidak masuk dalam model regresi ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/42007.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pricipal Leadership Style, Interpersonal Communication and Motivation Teaching,Gaya Kepemimpinan,kepala sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Mengajar guru |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2012 Principals (Kepala Sekolah) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 03:18 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 03:18 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2679 |
Actions (login required)
View Item |