Pengaruh Profesionalisme Guru, Kemampuan Komunikasi Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara

Telaumbanua, Priztina (2015) Pengaruh Profesionalisme Guru, Kemampuan Komunikasi Dan Insentif Terhadap Kinerja Guru Di Wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga altematif pelayanan pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga tentunya memiliki visi, misi, tujuan dan fungsi. Untuk mengemban misi, mewujudkan visi. mcncapai tujuan, dan menjalankan fungsinya sekolah memerlukan guru yang profesional. Oleh karena itu, guru mempunyai fungsi,peran, dan kedudukan yang sangat strategis. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional mempunyai visi terwujudnya penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip profesionalitas untuk memenuhi hak yang sama bagi setiap warga negara dalam memperoleh pendidikan yang bermutu. Kinerja seorang guru dikatakan baik jika guru telah melakukan unsur-unsur yang terdiri dari kesetiaan dan komitmen yang tinggi pada tugas mengajar, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran, kedisiplinan dalam mengajar dan tugas lainnya, kreativitas dalam pelaksanaan pengajaran, kerjasama dengan semua warga sekolah, kepemimpinan yang menjadi panutan siswa, kepribadian yang baik, jujur, dan objektif dalam membimbing siswa, serta tanggung jawab terhadap tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme Guru,Kemampuan Komunikasi dan lnsentif terhadap Kinerja Guru di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat yang berjumlah 47 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,508 yang berarti bahwa 50,8% variabel kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel profesionalisme,kemampuan komunikasi, dan insentif sedangkan sisanya sebesar 49,2% dapat dijelaskan oleh varaibel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Berdasarkan uji simultan dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru, kemampuan komunikasi dan insentif secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan secara parsial profesionalisme guru, kemampuan komunikasi dan insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat, dari hasil uji parsial juga dapat dilihat variabel yang dominan mempengaruhi kinerja guru di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Gunungsitoli Barat adalah variabel Profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42012.pdf
Uncontrolled Keywords: Professionalism, Communication Skill, Incentives, Performance,Profesionalisme , kemampuan komunikasi, insentif, kinerja .
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Sep 2016 03:28
Last Modified: 15 Sep 2016 03:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item