Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Ujian 'Buka Buku': Studi Pada Program Pascasarjana

Suciati, (2016) Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Ujian 'Buka Buku': Studi Pada Program Pascasarjana. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (1). pp. 1-18. ISSN 02460-8300

[img]
Preview
Text
jpk-vol1no1-april2016.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksploratori, bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa terhadap sistem ujian akhir 'buka buku', dan kemungkinan memberikan kebebasan kepada mahasiswa mengakses informasi online selama ujian. Responden penelitian sebanyak 92 mahasiswa magister, berusia 22 - 60 tahun, 67% berusia antara 28 sampai dengan SO tahun. Instrumen berupa kuesioner yang terdiri atas 14 pertanyaan tertutup tentang sistem ujian 'buka buku' menggunakan skala Likert 1-S, dan pertanyaan terbuka tentang kebebasan menggunakan internet dalam ujian'buka buku'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya (86.8%) mahasiswa mempunyal persepsi yang positif terhadap sistem ini dan sebagian besar (77%) lebih menyukai sistem ujlan 'buka buku' daripada 'tutup buku'. Sistem ini dinilai lebih sesuai untuk jenjang pendidikan pascasarjana yang sejalan dengan prinsip pendidikan yang baik karena tidak mengandalkan hafalan,mengurangi kecemasan mahasiswa dalam ujian, dan membuat mahasiswa lebih serius mempersiapkan diri. Penggunaan internet secara bebas dalam ujian sistem 'buka buku' dinilai baik karena mahasiswa dapat melengkapi jawabannya dengan analisis materi internet yang diakses. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa mempunyai persepsi yang positif terhadap sistem ujian 'buka buku' dan penggunaan internet dalam sistem ini, baik karena pertimbangan akademik maupun psikologis. 0leh sebab itu, sistem ujian ini dapat lebih luas digunakan pada berbagai jenjang pendidikan sebagai alternatif sistem ujian. Pada saat yang sama, perlu dilakukan kajian lebih lanjut mengenai pengaruh sistem ini pada mahasiswa, serta berbagai strategi untuk menjadikan sistem ujian ini efektif.

Item Type: Article
Additional Information (ID): jpk-vol1no1-april2016
Uncontrolled Keywords: open-book examination system, test item formats, information and communication technolog, sistem ujian 'buka buku’ soal ujian, teknologi informasi dan komunikasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:46
Last Modified: 28 Apr 2020 07:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item