Juliana, Ari (2015) Manajemen Kualitas Terpadu Pada Universitas Terbuka Indonesia Dari Perspektif Sistem Manajemen Mutu. Doctoral thesis, Universitas Padjajaran.
|
Text
41684.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Disertasi ini merupakan suatu kaj ian tentang adopsi Manajemen Kualitas Terpadu pada Universitas Terbuka - Indonesia dari Perspektif Sistem Manajemen Mutu. Universitas Terbuka (UT) telah mengadopsi sistem jaminan kualitas sejak awal tahun 2001 untuk menjawab tantangan dari lingkungan eksternal dan internal UT terkait kualitas akademik dan manajemen internal, serta untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang diharapkan secara institusional. Pada kajian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah para pembuat kebijakan kualitas di Kantor UT Pusat (Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Kepala Pusat Jaminan Kualitas, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia), pelaksana kebijakan kualitas (Ketua Jurusan, Kepala UPBJJ-UT) dan pengendali pelaksanaan kebijakan kualitas (Konsultan Sistem Manajemen Mutu, para auditor Internal dan Eksternal). Untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan metode wawancara, diskusi kelompok terfokus, observasi dan studi dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebelas prinsip manajemen kualitas terpadu (TQM) belum seluruhnya dapat diadopsi dengan baik, karena keterbatasan pemahaman tentang prinsip-prinsip TQM di lingkungan staf UT. Diantara sebelas prinsip TQM, yang sudah dapat diadopsi dengan baik (walaupun belum dapat mencapai tataran ideal) oleh UT adalah prinsip-prinsip: 1) Didasarkan pada strategi, 2) Obsesi terhadap kualitas, 3) Komitmen jangka panjang, 4) Kerja kelompok, 5) Perbaikan sistem secara terus menerus, 6) Kebebasan melalui kontrol, 7) Kesatuan tujuan, dan 8) Pelibatan dan pemberian wewenang kepada karyawan. Hal ini tidak terlepas dari dukungan konsistensi komitmen pimpinan dan penerapan sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001. Kajian ini menyimpulkan bahwa dalam proses adopsi prinsip-prinsip manajemen kualitas terpadu pada organisasi PTJJ seperti Universitas Terbuka, diperlukan strategi sosialisasi dan internalisasi yang rasional, sistematis, terstruktur dan terns menerus untuk diperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41684.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Management, Higher Distance Education, Quality Management System, Long-term Commitment, Quality Culture, Manajemen Kualitas Terpadu, Pendidikan Tinggi Jarak Jauh, Sistem Manajemen Mutu, Komitmen Jangka Panjang, Budaya Kualitas |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.83 Management Quality (Manajemen Mutu / ISO) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:05 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2732 |
Actions (login required)
View Item |