Pengaruh Harapan, Reputasi Universitas, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Sarjana Non-Kependidikan Universitas Terbuka (2012)

Sembiring, Maximus Gorky (2013) Pengaruh Harapan, Reputasi Universitas, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Sarjana Non-Kependidikan Universitas Terbuka (2012). Doctoral thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
41668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2013-gorky.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (962kB) | Preview

Abstract

Dokumen Rencana Strategis yang dielaborasi ke dalam Buku Rencana Operasional Universitas Terbuka 2009 -2013 menetapkan target jumlah mahasiswa program Sarjana Non-Kependidikan 2009, 2010, dan 2011 adalah 90.000, 100.000, dan 125.000. Hal ini untuk mengantisipasi kecukupan dan kelayakan sumberdaya baik untuk keperluan pembiayaan maupun pelayanan. Dalam kenyataannya, meski secara akumulatif terjadi kenaikan jumlah mahasiswa, realisasinya masih di bawah target dimaksud yang disebabkan besarnya jumlah mahasiswa yang tidak melakukan registrasi kembali sebagaimana mestinya. Hal ini berpengaruh terhadap penyelenggaraan operasional sekaligus menimbulkan pertanyaan tentang kualitas dalam hal efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan akademik dan administratif yang berlangsung. Selain itu, hal ini juga menimbulkan pertanyaan indikatif bahwa banyaknya mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang sebagai akibat dari kinerja akademik mereka yang belum memuaskan. Fenomena ini merupakan refeleksi dari belum tingginya tingkat loyalitas mahasiswa yang terdaftar pada program studi terkait. Loyalitas mahasiswa, khususnya dalam sistem pendidikan jarak jauh, biasa juga disebut persistensi mahasiswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas mahasiswa, namun dalam penelitian ini secara khusus diselidiki tiga diantaranya, yaitu harapan hahasiswa, reputasi universitas, dan kepuasan mahasiswa. Loyalitas mahasiswa adalah variabel terikat; sementara harapan mahasiswa, reputasi universitas, dan kepuasan mahasiswa adalah variabel bebas; kepuasann mahasiswa dalam hal ini merupakan variabel antara. Penelitian in; dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif, tepatnya penelitian asosiasi kausal. Untuk analisis, memanfaatkan struktural equation model. Responden adalah mahasiswa program S1 Non-Kependidikan Universitas Terbuka yang terdaftar pada FISIP, FEKON, dan FMIPA Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen yang diuraikan menjadi 19 dimensi dan mewujud dalam 120 pernyataan valid dan reliabel. Instrumen digunakan untuk mengumpulkan data melalui survei. Responden sebagai sampel ditetapkan dengan proporsionate simple random sampling. Terjaring 324 kuesioner dan diproses dengan terlebih dahulu melakukan beberapa uji (normalitas, multikolinearitas, dan linearitas). Setelah ketiga uji dipenuhi, dilakukan pengujian terhadap enam hipotesis yang akhirnya menghasilkan potret kekuatan hubungan dari/antar-variabel yang diteliti. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa empat dari keenam hipotesis teruji. Dalam hal ini, harapan berpengaruh langsung positip terhadap loyalitas mahasiswa. Demikian pula kepuasan berpengaruh langsung positip terhadap loyalitas mahasiswa. Harapan juga berpengaruh langsung positip terhadap kepuasan mahasiswa. Harapan pun berpengaruh langsung positip terhadap reputasi. Sementara reputasi tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas dan kepuasan mahasiswa. Faktor paling dominan mempengaruhi loyalitas adalah kepuasan mahasiswa. Dimensi paling representatif menggambarkan kepuasan adalah layanan yang berhubungan dengan registrasi dan bahan ajar. Irnplikasi temuan ini adalah sebagai berikut. (1) Upaya peningkatan loyalitas melalui pemenul1an harapan dilaksanakan dengan meningkatkan pengakuan masyarakat melalui kegiatan akademik secara meluas. (2) Upaya peningkatan loyalitas melalui pemenuhan tuntutan kepuasan mahasiswa melalui penjaminan kualitas layanan akademik dan administratif secara sistematis dan terukur, terutama untuk layanan registrasi. (3) Upaya peningkatan kepuasan melalui pemenuhan harapan seyogyanya berhubungan dengan penjaminan kualitas layanan terkait bahan ajar, bantuan belajar, dan ujian. (4) Upaya peningkatan reputasi melalui pemenuhan harapan secara sistematis/berkelanjutan selalu dipetakan mengantisipasi potensi pergeseran harapan mahasiswa dari waktu ke waktu guna mengadopsi dinamika lingkungan strategisnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 41668.pdf
Uncontrolled Keywords: student loyalty, student expectation, university reputation,student satisfaction, structural equation model.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Oct 2016 07:32
Last Modified: 01 Feb 2018 03:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item