Silawati, Tutisiana and Sugiarti, Harmi and Winarni, Inggit and Nurmawati, Subekti (1993) Pengaruh Media Non Cetak Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
80330.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan terhadap tiga kelompok mahasiswa yakni mahasiswa yang tidak pernah sam a sekali mengikuti tutorial, mahasiswa yang mengikuti tutorial melalui RRI dan kelompok mahasiswa yang mengikuti tutorial lainnya (Tutorial Intensif, Tutorial Tertulis, UT Kampus, PSM-UT, dan sebagainya). Dari ketiga kelompok mahasiswa tersebut dilihat sejauh mana informasi pelaksanaan program tutorial RRI diterimaoleh mahasiswa, bagaimana perilaku atau sikap mahasiswa dalam mengikuti program tutorial RRI serta sejauh mana program tutorial RRI membantu mahasiswa memahami materi modul. Di samping ketiga permasalahan tersebut, ingin dilihat juga sejauh mana program tutorial RRI mempengaruhi hasil belajarmahasiswadengan cara melihat apakah terdapat perbedaan yang nyata (signifikan) rata-rata nilai Ujian Akhir Semester (UAS) 92.1 di antara ketiga kelompok tersebut masing-masing untuk matakuliah Kalkulus I (MATK 4110), Biologi (BIOL 4310), Statistika Ekonomi I (EKON 4216) dan Manajemen Pemasaran I (MANA 4337). Tim peneliti menyadari bahwa banyak keterbatasan dalam penelitian ini, yaitu sampel yangmengikuti tutorial melalui RRI terlalu kecil, tapi walaupun demikian ada beberapa temuan penting yang terungkap dari penelitian ini, di antaranya adalah: 1. Sebagian besar mahasiswa yang mengikuti tutorial melalui RRI menyatakan bahwa tutorial RRI san gat membantu mahasiswa dalam memahami materi modul dan menambah Ilmu Pengetahuan. 2. Mahasiswa selalu menyiapkan diri sebelum mengikuti tutorial RRI dan mereka sebagian besar mengikuti tutorial dari awal hingga akhir (selama 30 menit). 3. Sebagian besar mahasiswa yang tidak mengikuti tutorial menyatakan bahwa kekurangan informasi merupakan salah satu alasan mengapa mereka tidak mengikuti tutorial melalui RRI. Alasan yang cukup banyak ialah karena mereka kekurangan waktu dan alasan lainnya. 4. Untuk matakuliah MATK4110, EKON 4216 dan MANA4337, ternyata belum terlihat pengaruhnya terhadap ketiga kelompok mahasiswa tersebut di atas. Sedangkan untuk matakuliah BIOL 4310, tidak ada yang mengikuti tutorial melalui RRI dan juga belum terlihat pengaruh terhadap dua kelompok lain. Dengan demikian, proses belajar di antara ketiga kelompok tersebut sama efektifnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 94/80330 |
Uncontrolled Keywords: | Media Non Cetak, Hasil Belajar, Mahasiswa UT |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 02:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2770 |
Actions (login required)
View Item |