Studi Pelaksanaan Pembelajaran Konsep-Konsep Inti Dalam Pembelajaran Fisika di Sltp Sesuai Kurikulum 1994

Wahyuni, Sri (1999) Studi Pelaksanaan Pembelajaran Konsep-Konsep Inti Dalam Pembelajaran Fisika di Sltp Sesuai Kurikulum 1994. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81367.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Sri Wahyuningsih. Studi Pelaksanaan Pembelajaran Konsep-konsep Inti dalam Pembelajaran Fisika di SL TP Sesuai Kurikulum 1994. Penelitian Tarup IV. Jakarta: Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Terbuka, November 1998. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan konsep-konsep Fisika yang dianggap sulit oleh siswa SL TP; 2) mendapatkan beberapa pola pembelajaran Fisika di SL TP, untuk menyampaikan konsep-konsep yang sulit; dan sekaligus dapat dipergunakan untuk mengetahui proses belajarmengajar, 3) mengetahui kesiapan guru Fisika sebelum mengajar. Subjek yang akan diteliti adalah guru-guru SL TP yang mengajar di sekitar wilayah Tangerang, Yogyakarta, dan Semarang, dengan sejumlah siswa. Penentuan pemiliha sekolah dilakukan secara acak sesuai petunjuk pihak Kanwil. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa: Angket untuk Guru, Angket untuk Siswa, Pedoman Wawancara Guru, Pedoman Wawancara Siswa, dan Pedoman Observasi Kelas. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dari hasil wawancara dengan guru, dengan siswa dan hasil observasi kelas digunakan untuk menjelaskan persiapan guru mengajar, proses belajarmengajar dan keadaan siswa. Sedangkan data kuantitatif dari angket untuk guru dan angket untuk siswa dianalisa dengan cara sederhana berupa prosentase (%) setiap aspek yang diukur, untuk mengetahui metode yang dipergunakan guru dalam mengajar, persiapan guru dalam mengajar, media yang dipergunakan guru dalam mengajar, cara evaluasi yang dipergunakan oleh guru, pokok bahasan yang sulit dipahami oleh siswa, dan pokok bahasan yang mudah dipahami oleh siswa. Kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) Ada 11 konsep yang sulit dipahami oleh• siswa ialah: kecepatan, jarak, waktu, percepatan, massa, berat, gaya, tekanan, usaha, energi, dan daya yang termasuk dalam 5 pokok bahasan yaitu: gerak, gaya, tekanan, usaha dan energi. (2) Proses belajar-mengajar sudah berjalan dengan baik. Sebagian besar guru sudah melakukan kewajiban sebagai guru. (3) Kesiapan guru dalam mengajar sudah baik karena sebagian besar guru-guru sudah membuat satuan pelajaran. Tujuan penelitian dapat dilihat, bahwa (1) mendapatkan 11 konsep yang sulit dipahami oleh siswa SLTP. (2) mendapatkan 5 pola pembelajaran Fisika SL TP. (3) Mengetahui kesiapan guru Fisika sebelum mengajar. Dari hasil penelitian disarankan kepada Universitas Terbuka (1) dilakukan penelitian semacam, secara rutin. (2) model pembelajaran yang diperoleh dari penelitian disampaikan ke guru-guru. Saran untuk guru adalah (1 ) mempersiapkan materi pelajaran dengan baik. (2) membaca buku sumber lebih banyak. (3) mempergunakan alat peraga dalam mengajar. (4) berusaha tampil di depan kelas tidak membosankan. (5) mendekatkan diri dengan siswa. Saran untuk kepala sekolah: (1) membantu untuk meningkatkan mutu pendidikan. (2) membantu untuk meningkatkan kemampuan guru. (3) memberi kesempatan kepada guru untuk berkembang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 06/81367
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran di SLTP
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:52
Last Modified: 19 Oct 2016 06:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item