Bintarti, Arifah and Windrati, Nila Kusuma and Mutiara, Dewi (2001) Profil Permasalahan Mahasiswa Program Studi D-3 Komunikasi Penyuluhan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
81107.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sebagai salah satu media komunikasi, surat sangat berperan dalam proses belajar mengajar di Universitas Terbuka, begitu juga pada Program Studi D-3 Komunikasi Penyuluhan dari jurusan ilmu Komunikasi, FISIP-UT. Hal ini tampak dari banyaknya surat dengan berbagai jenis permasalahan yang menyangkul kelangsungan proses belajar yang dikirim oleh mahasiswa Program Studi D-3 Komunikasi Penyuluhan kep::tda pengelola. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui "Permasalahan -permasalahan apa saja yang oleh mahasiswa Program Studi D-3 Komunikasi Penyuluhan, yang disampaikan melalui sural, sehingga mereka terlambat dalam menyelesaikan sludinya ? Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : 1) mengidentiftkasi jenis-jenis permasalahan yang dihadapi oleh program studi D-3 Komunikasi Penyuluhan dalam proses belajarnya 2) Untuk melihat kecenderungan isi sural yang dikirim mahasiswa program studi D-3 Komunikasi Penyuluhan kepada pengelola program. Penelitian ini bersifal des~!pt!f yaitu studi yang bertujuan untuk menguraikan karakterislik dari surat-surat yang masuk ke jurusan komunikasi FISIP-UT, selama kurun waktu lertentu (1995-1999). Instrumen yang akan dipergunakan adalah dengan menggunakan koding sheet untuk mendata karakterislik surat serta kuesioner. Yang menjadi populasi dalam fenelitian ini yaitu semua surat-surat yang masuk ke Jurusan Komunikasi FISIP-UT .. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 284 surat mahasiswa yang masuk ke jurusan komunikasi dari tahun 199 5 sampai dengan 1999 dapat diuraikan dalam 3 87 topik dapat dikategorikan dalam dua jenis yaitu . a) Masalah masalah akademik dan b) masalah administrasi, Masalah akademik meliputi : konten lentang praktikum, konten tentng modul, metode belajar, Hanya 3 sur at dari 3 87 topik surat yang masuk yang berisikan masalah akademik Masalah administrasi Dapat di sub kategorikan: daftar nilai ujian (DNU)., yudisium, praktikum (pengadministrasiannya), modul , registrasi dan lain-lain. ada sejumlah 327 topik surat. Adanya tutorial di wilayah masing-masing sangat diperlukan mahasiswa, dirasa tutorial di derah ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami isi modul. Selain itu dengan adanya SATGAS pengelola D-3 yang ada ditiap propinsi, dan UPBJJ juga sangat membantu mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Saran yang •diajukan oleh penelitian ini adalah diperlukan adanya masa orientasi pada waktu awal menjadi mahasiswa, selain itu mahasiswa juga harus tahu kapan registrasi, pengumpulan Tugas Mandiri, Ujian Akhir Semester , DNU dapat diterima, serta registrasi ulang untuk setiap semester. Kejelasan kepada siapa mereka harus berhubungan jika mereka mengalarnai permasalahan dalm proses belajar di Universitas Terbuka juga harus diberitahukan kepada mahasiswa
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 02/81107 |
Uncontrolled Keywords: | permasalahan mahasiswa, komunikasi penyuluhan |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 04:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 06:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2833 |
Actions (login required)
View Item |