Faktor-Faktor Yang Menghambat Proses Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi D3 Komunikasi Penyuluhan

Rachman, Ace Sriati and Ruswanto, Wawan and Mutiara, Dewi (2001) Faktor-Faktor Yang Menghambat Proses Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi D3 Komunikasi Penyuluhan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81110.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara khusus ingin melihat faktor-faktor penyebab yang dapat menghambat mahasiswa program studi D-3 Komunikasi Penyuluhan untuk menyelesaikan studinya dengan tepat waktu (8 semester). Kondisi saat penelitian ini berlangsung masih cukup banyak mahasiswa yang belum menyelesaikan studinya padahal waktu yang direncanakan (8 semester) telah berlalu . Faktor-faktor apakah yang secara signifikan dapat menghambat proses penyelesaian studi para mahasiswa". Secara lebih terperinci penelitian ini untuk menjawab pertanyaan (I) Bagaimanakah identitas diri mahasiswa yang belum lulus ? (2) Bagaimana tingkat keterisolasian mahasiswa yang bclum lulus? (3) Bagaimana cara belajar mahasiswa yang belum lulus? (4) Bagaimana kondisi sosial ekonomi para mahasiswa yang belum lulus ? (5) Apakah faktor-faktor tersebut secara signifikan mempengaruhi tingkat kelulusan mereka? Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang mencoba menguraikan beberapa variabel yang menjadi pokok perhatian. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi D-3 Komunikasi Penyuluhan yang belum lulus. Sampel diambil dengan cara random sampling (sampel acak) dengan mempertimbangkan prosentase secara proporsional dari setiap propinsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner/pertanyaan kepada responden dengan menggunakan jasa pos. Data yang terkumpul akan diolah dengan mempergunakan SPSS melalut tabulasi data untuk setiap variabel yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil mahasiswa 03 Komunikasi Penyuluhan dilihat dari kondisi diri mahasiswa terlihat bahwa usia mereka (36-45 tahun) pada dasamya masih cukup mampu untuk belajar dengan baik (66,2%). Mereka juga hanya bekerja selama 5-8 jam sehari (80,3%), walaupun diantara mereka masih harus melakukan pekerjaan sampingan (30,3%). Faktor keluarga mereka cukup pula mendukung proses belajar mahasiswa, karena dari segi jumlah anggota keluarga, jumlah anak yang masing menjadi tanggungan mereka dan dukungan moral dari isteri atau suami mereka masih memungkinkan mahasiswa untuk lebih berkonsentrasi pada proses belajamya. T erda pat kecenderungan bahwa minat bela jar di UT disebabkan karena faktor-faktor sebagai berikut. bisa kuliah sambil bekerja. sebagai sarana untuk meningkatakan karier. dan pada awalnya mereka termotivasi karena mendapatkan beasiswa sebagai penyuluh berprestasi. Aspek lainnya yang mendukung terbukanya peluang kelulusan mahasiswa adalah beberapa kebiasaan mahasiswa yang positif dalam mcmpelajari modul. Scdangkan beberapa aspek dari cara belajar mahasiswa yang kurang mcndukung proses belajar\ adalah cara mereka mempelajari materi modul. yaitu rcsponden tidak selalu membaca TIU. TIK dan Daftar lsi sebelum mereka membaca modul. tidak mengerjakan latihan. tidak menandai hal-hal penting. helajar hanya pada waktu luang saja dan mcnjCiang ujian. Sedangkan aspek kelurga dan kegiatan sosial dirasakan tidak mengganggu mereka belajar. Hambatan lain yang dapat mcmpengaruhi proses kelulusan studi adalah jarak tcmpat tinggal dcngan UPBJJ. karena terbatasnya interaksi mereka dengan sesama teman. pengelola ataupun sehingga hal ini dapat mengurangi motivasi belajar mereka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 02/81110
Uncontrolled Keywords: penghambat studi, mahasiswa komunikasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:54
Last Modified: 05 Sep 2018 09:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item