Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening

Kama, Carolina (2014) Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41740.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja guru dan budaya organisasi terhadap kinerja guru secara langsung maupun melalui komitmen organisasi sebagai variabel perantara. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah yang merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Tapanuli tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian merupakan penjelasan (exsplanatory research) yang didukung oleh metode survey. Populasi penelitian berjumlah 37 orang dengan sampel sebanyak 37 orang yang diambil secara sensus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis) yang terdiri dari pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung disiplin kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Disiplin kerja guru juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Disisi lain budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Demikian juga komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh disiplin kerja guru lebih kuat secara langsung terhadap kinerja guru dari pada melalui komitmen organisasi. Dengan demikian variabel komitmen organisasi tidak berperan sebagai variabel intervening. Di sisi lain basil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru secara langsung lebih kuat dari pada melalui komitmen organisasi. Dengan demikian komitmen organisasi tidak terlalu berperan sebagai variabel perantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41740.pdf
Uncontrolled Keywords: disiplin kerja guru, budaya organisasi, komitmen organisasi, kinerja guru, teacher's discipline, organization culture, organization commitment, teacher's performance.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:31
Last Modified: 14 Nov 2018 08:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item