Analisis Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Jabatan di Kabupaten Sumbawa

Sabariah, Sabariah (2014) Analisis Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Jabatan di Kabupaten Sumbawa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41724.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam jabatan di Kabupaten Sumbawa dan menganalisis faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi implementasi kebijakan sertifikasi guru dalam jabatan di Kabupaten Sumbawa. Kualitas Pendidikan terkait erat dengan kualitas dan profesionalisme guru, karena guru merupakan ujung tombak dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal. Namun kualitas pendidikan saat ini masih belum memperlihatkan kualitas yang diharapkan, hal ini disebabkan rendahnya kualitas guru karena masih banyaknya guru yang tidak layak mengajar, pendidikan tidak sesuai dengan bidang ajar dan kualifikasi akademik dibawah syarat minimal S1. Menjawab tantangan tersebut perlunya peningkatan kualitas dan profesionalitas guru, yang tentunya akan diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru. Program Sertifikasi guru merupakan suatu langkah yang strategis untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Permendiknas Nomor 18 tahun 2007 tentang sertifikasi guru dalamjabatan melalui penilaian portofolio. Adapun Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif dan interpretative yaitu data yang sudah dikumpulkan dari hasil wawancara, Diskusi Kelompok Terarah!Focus Group Discussion, Observasi dan Dokumentasi diolah sesuai dengan kaidah kualitatif, dimana teknik analisa yang dipergunakan yaitu dengan melalui proses mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan dan menarik kesimpulan.Lokasi Penelitian adalah K.abupaten Sumbawa. Hasil penelitian dilapangan, menyimpulkan bahwa adanya misunderstanding tentang tujuan pokok dari program sertifikasi guru, sehingga kualitas dan profesionalitas guru agak terabaikan dalam proses sertifikasi. Dalam artian bahwa telah terjadi pergeseran tujuan kebijakan sertifikasi guru dari isu penigkatan kualitas menjadi isu peningkatan kesejahteraan guru. Implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kabupaten Sumbawa dipengaruhi oleh : a).kurangnya dukungan pemerintah Kabupaten Sumbawa terhadap peningkatan kualitas guru b). kurangnya kesiapan daripada implementor dimana jumlah staf yang ada bel urn sebanding dengan tingginya beban kerja yang harus diselesaikan, c). sosialisasi program yang masih kurang, d). Sum her daya manusia (guru) masih banyak yang belum memenuhi syarat pendidikan, e). masa kerja guru yang belum memenuhi persyaratan. Saran yang dapat diberikan adalah perlunya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan kualitas guru melalui program pendidikan tugas belajar dan ijin belajar, selain itu kesiapan implementor perlu dievaluasi kembali terkait tingginya beban kerja yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41724.pdf
Uncontrolled Keywords: analisis, implementasi, sertifikasi guru, kualitas guru, profesionalitas guru, analysis, implementation, teacher certification, teacher quality, teacher professionalism.
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:48
Last Modified: 17 Jun 2016 07:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item