Soejoto, (2000) Keterampilan Mahasiswa Program Penyetaraan DII Pendidikan Guru Sekolah Dasar Guru Kelas di Kabupaten Banyumas 1998/1999 Dalam Berbahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
81137.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Peribahasa kita mengatakan "Bahasa menunjukkan bangsa". Rasanya tidak berlebihan jika berangkat dar! Peribahasa itu, kita sampai pada kesimpulan bahwa kecermatan kita dalam berbahasa menunjukkan ketinggian budaya kita. Teraasuk dalam kecermatan berbahasa ialah ketelitian kita dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Peribahasa di atas juga dapat diartikan bahwa bahasa dan pikiran tidak bisa dipisahkan. Ibarat ikan dan air. Bahasa adalah alat berpikir. Oleh karena itu, •kesalahan pikiran seseorang terlihat jelas dari bahasanya. Sehubungan dengan itu, para guru baik di SD,SLTP,SMU, maupun di perguruan tinggi, baik guru bahasa Indonesia maupun bidang studi lain, selalu berusaha meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa yang benar. Dengan cara ini, setahap demi setahap pemakaian bahasa Indonesia di kalangan sekolah akan tertib sesuai dengan ajakan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Sebaliknya, jika para guru atau dosen tetap menganggap remeh terhadap kaidah bahasa yang benar, misalnya selalu mematikan televisi atau memindahkan saluran, pada acara "Pembinaan Bahasa Indonesia", atau pada saat berba - hasa tetap berpegang teguh pada pendirian 11asal komunika - tif","asal dimengerti", atau 11ah, salah ejaan tak apa-apalah", sampai kapan. pun Jterancuan bahasa dalam masyarakat tetap 11tumbuh subur" di mana-mana. Mahasiswa PPD2PGSD Guru Kelas dan PPD2GSD sekurangkurangnya telah mendapatkan pelajarau bahasa Indonesia selama enam tahun, yai tu sejak kelaa s~ SLT.}': liail,a~.:-Ktilaa. tffiga SMU. Secara rasional keterampilan mereka dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar telah menunjukkan kemampuan yang memuaskan. Sebab melalui pembelajaran di sekolah lanjutan, mereka telah dipersiapkan agar terampil berbahasa, baik secara produktif maupun resaptif.• Atas dasar hasil persentase tiap-tiap kelompok responden, dapat dilihat nilai rata-rata keterampilan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar yang terus meningkat. :Bila dilihat dari perolehan hasil, peningkatan • selalu bergerak naik: • semester II 75,10, semester IV 81,64, dan semester VI 84,40. Dengan demikian, hipotesis "Keterampilan mahasiswa PPD2PGSD Guru Kelas dan PP D2GSD di .Kabupaten Banyumas dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar tinggin diterima.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 02/81137 |
Uncontrolled Keywords: | keterampilan mahasiswa, berbahasa indonesia |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) 400 Language > 410-419 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 17 Oct 2016 07:32 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 08:19 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2892 |
Actions (login required)
View Item |