Tanggapan Mahasiswa terhadap Panduan Belajar Mahasiswa

Meilani, Any (2005) Tanggapan Mahasiswa terhadap Panduan Belajar Mahasiswa. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81411.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik dari Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) adalah keterpisahan antara pengajar dengan peserta didik. Berdasarkan itu, Universitas Terbuka (UT) sebagai institusi PTJJ berkewajiban menyediakan bahan ajar yang dirancnng sedemikian rupa sehingga bahan ajar tersebut dapat meminimalkan gap antara pengajar dengan pcserta didik. Bahan ajar yang dimaksud scdikitnya harus mcmpunyai dua karakteristik. yaitu lengkap dan membelajarkan diri pebelajar atau mahasiswa penelitian mcnunjukkan bahwa cukup banyak mahasiswa PTJJ yang tidak siap mcngub:d1 kultur belajar diri. dari pcmhclajaran tcrbimbing mcnjadi pembelajaran mandiri dan dari pembelajaran hcrhasis kclas ke pcmhelajaran berbasis teks Pada tahun 2004 Program Studi Manajemcn telah mcngcmbangkan dan mcngirimkan kcpada mahasiswa lertcntu Panduan Bela jar mahasiswa yang berisi arahan scrta stratcgi bclajar untuk mempermudah mahasiswa dalam menrpelajari matcri mnta kuliah tcrtcnlu. Dcng::m harapan agar mahasiswa tcrbantu dan tennotivasi dnlnm mcmpclnjari mala kuliah tcrsrbut. Ditcmukan bahwa panduan belajar lcrsebul sangat hcrman!ltat bagi mahasiswa dalammcmpclajari rnata kuliah. Disamping itu, panduan bclajar Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pengantar Bisnis merupakan arahan dan strategi belajar yang paling komunikmif. Selain itu, ditcmukan pula bahwa strategi belajar merupakan isi arahan yang dipcrlukan mahasiswa dalam mendukung kclancaran stud inya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 06/81411
Uncontrolled Keywords: Panduan Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 07:34
Last Modified: 13 Feb 2019 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item