Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Kompetitif terhadap Hasil Kinerja Perusahaan Manufaktur Studi Empiris pada Industri Kecil dan Menengah di Indonesia

Ismulyaty, Sri (2001) Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Kompetitif terhadap Hasil Kinerja Perusahaan Manufaktur Studi Empiris pada Industri Kecil dan Menengah di Indonesia. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81150.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keunggulan kompetitif suatu perusahaan dalam jangka pendek dapat diperoleh melalui strategi biaya rendah ataupun strategi differensiasi. Tetapi dalam jangka panjang, daya saing (competitiveness) hanya dapat diperoleh dengan membangun kompetensi, melakukan inovasi dan bergerak lebih cepat dari pesaing. Sumber-sumber keunggulan kompetitif dapat dilihat dari kemampuan manajemen dalam mengkonsolidasikan kompetensi bidang-bidang fungsional perusahaan yang mencakup kompetensi pemasaran, kompetensi pengembangan dan disain produk, kompetensi manufiJcluring. Kompetensi bidang fungsional dapat mendukung tercapainya tujuan strategik perusahaan dan berperan dalam memperoleh, menopang atau memperbaiki keungguJan kompetitif. Penelitian ini menguji pengaruh sumber-sumber keunggulan kompetitif terhadap hasilhasil kinelja perusahaan yang diukur dengan ROI (Return On Invesment), pertumbuhan ROI, pangsa pasar (marketshare), pertumbuhan marketshare, ROS (Return On Sales), dan pertumbuhan ROS. Data dikumpulkan me!alui penyebaran kuesioner yang ditujukan pada pimpinan perusahaan atau manajer puncak sebagai responden (target subject). Unit analisis penelitian ini adalah perusahaan manufaktur. Sampel diambil secara purposive dari industri manufaktur yang terdaftar dalam directory industri kecil dan menengah di Indonesia Tahun 1997. Dari 400 total kuesioner yang dikirimkan melalui pos, ada kuesioner yang kembali karena pindah alamat sebanynk 18. Totai kuesioner yang terisi sebanyak 57, diantaranya ada 4 kuesioner tidak dapat diolahsehingga response ratarata dicapai 15, 25%. Permasalahan penelitian diuji dengan metode analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pemasaran, kompetensi inovasi, dan kompetensi produksi tidak memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan kecil dan menengah di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 02/81150
Uncontrolled Keywords: keunggulan kompetitif, perusahaan manufaktur, industri kecil dan menengah
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 670-679 Manufacturing (Pabrik-pabrik, Manufaktur) > 670 Manufacturing (Manufaktur, Pabrik-pabrik)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:10
Last Modified: 18 Oct 2018 07:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item