Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Budaya Kerja Pada Instansi Pendidikan di UT

Soekiyono, and Siswantini, Wiwin and Santosa, Agus (2005) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Budaya Kerja Pada Instansi Pendidikan di UT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81431.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Budaya Kerja Pada Institusi Pendidikan di Universitas Terbuka". Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel kompetensi, motivasi, dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap budaya kerja dan untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap budaya kerja pada institusi pendidikan di Universitas Terbuka. Alat analisis pada penelitian adalah menggunakan metode analisis jalur, yaitu dengan hasil pertama, bahwa F hitung (81,7544) > F tabel (2,6994), dan t hitung secara parsial juga t table, artinya bahwa baik secara keseluruhan maupl!n secara individual, variabel kompetensi, motivasi, dan gaya kepeiillinpiiian mempunyai pengaruh terhadap budaya kerja yang terjadi pada institusi pendidikan di Universitas Terbuka. Kedua, adalah koefesien jalur variabel kompetensi sebesar 0,3500, koefesien jalur variabel motivasi sebesar 0,2441, dan koefesien jalur variabel gaya kepemimpinan terhadap budaya kerja sebesar 0,4314, jadi dari ketiga nilai jalur koefesien tersebut yang memiliki koefesien jalur paling besar adalah pada variabel gaya kepemimpinan. Artinya keberadaan variabel kepemimpinan. secara individuarTeoi:lr ineneritukan nudaya kerja dibanding dengan variabel. Kompetensi dan motivasi pada institusi pendidikan di Universitas Terbuka. Implikasi penelitian ini secara terus menerus budaya kerja di UniversitasTerbuka ditingkatkan melalui peningkatan pada variabel kompetensi, motivasi, dan juga memperbaiki gaya kepemimpinan. Usaha perbaikan yang dilaluinya yaitu melakukan secara serempak pada unit-unit yang ada di UT agar budaya kerja dapat terlaksana lebih baik dan sungguh-sungguh sehingga tujuan yang telah ditetapkan organisasi/institusi sesuai visi dan misi UT dapat tercapai. Cara berikutnya untuk mengoptimalkan budaya kerja di Universitas Terbuka dengan memperhatikan peningkatan pada gaya kepemimpinan, yaitu memberikan penjelasan tentang target pekerjaan dengan jelas, menyiapkan fasilitas untuk pelaksanaan tugas, tegas dalam menegakkan aturan organisasi, menunjukkan sikap disiplin yang berhubungan dengan penyelesaian tugas, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi, menciptakan lingkungan kerja yang dapat memberikan semangat kerja, memberi kesempatan kepada pegawai untuk mengembangkan diri, terbuka menerima kritik dan saran dari bawahan, dan transparan dalam pengelolaan keuangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 06/81431
Uncontrolled Keywords: Budaya Kerja
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361.3 Social Work (Kerja Sosial)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:36
Last Modified: 25 Jul 2019 07:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item