Rahman, Lekat (2014) Pengaruh pembelajaran Metode Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mts Negeri Metro Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42113.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran metode konvensional, 2) Pengaruh Motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran metode konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Subject post-test only. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Metro Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive Sampling. Instrumen tes tertulis berbentuk uraian untuk mendapatkan data pemahaman konsep matematika dan angket untuk data motivasi belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini 1) Pemahaman konsep matematika yang memperoleh pembelajaran metode inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran metode inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/42113.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Influence, Guided Inquiry, Concept Comprehension, Learning motivation. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:52 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:52 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/298 |
Actions (login required)
View Item |