Mariyatun, (2014) Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan dan Komitmen terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi Kasus pada Nasabah PT. Adira Finance Ro. Bangko Cabang Muara Bungo). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42079.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
PT. Adira Finance adalah sebuah perusahaan pembiayaan di bidang otomotif yang memberikan jasa pembiayaan kendaraan baik baru mapun bekas. Selain pembiayaan kendaraan, PT Adira Finance juga memberikan pinjaman dana tunai lewat produk maxi tunai, smart maupun auto solution baik untuk motor maupun mobil, sehingga sangatlah wajar apabila perusahaan pembiayaan berlomba-lomba untuk berebut konsumen dan mempertahankan konsumen. Persaingan antara perusahaan pembiayaan menuntut adanya usaha untuk menciptakan loyalitas konsumen, sehingga perusahaan pembiayaan tidak akan kehilangan konsumennya. Dalam penelitian ini dibahas dua hal yang berhubungan dengan loyalitas konsumen, yaitu kualitas pelayanan dan komitmen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dan komitmen secara parsial terhadap loyalitas konsumen dan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dan komitmen secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan di PT. Adira Finance Ro. Bangko Cabang Muara Bungo pada bulan September hingga Oktober 2014. Sampel penelitian ini beljumlah l 00 orang dengan teknik pengambilan sam pel purposive sampling dengan kriteria nasabah aktif yang melakukan pembayaran angsuran di kantor Adira Finance Ro. Bangko Cabang Muara Bungo dan telah melakukan pembayaran angsuran di atas 6 bulan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Metode analisis yang digunakan rumus koefisien korelasi berganda, regresi berganda, uji asumsi klasik, uji f dan uji t. Dalam penghitungan rumus menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan komitmen dengan loyalitas konsumen pada PT Adira Finance RO Bangko Cabang Muara Bungo. Hasil perhitungan secara parsial menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan baik antara komitmen dengan loyalitas konsumen dan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/42079.pdf |
Uncontrolled Keywords: | quality of service, commitment, customer loyalty, kualitas pelayanan, komitmen, loyalitas konsumen. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 03:47 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 04:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/309 |
Actions (login required)
View Item |