Peranan Guru Wanita Lulusan S1 PGSD-UT dalam Program Pengentasan Buta Aksara

Nuzia, Wia Zuwila and Kadarko, Wahyuni (2007) Peranan Guru Wanita Lulusan S1 PGSD-UT dalam Program Pengentasan Buta Aksara. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81504.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi sejauh mana para guru wanita lulusan S 1 PGSD-UT mampu menjalankan tugasnya sebagai instruktur Pengentasan Buta Aksara (PBA). Untuk itu dalam penelitian ini diidentifikasi kemampuan instruksional guru-guru wanita lulusan S 1 PGSD-UT dalam menjalankan tugasnya sebagai instruktur PBA, juga diidentifikasi persepsi para peserta PBA(penyandang Buta Aksara) terhadap para instruktur PBA yang bergender wanita. Mengingat luasnya jangkauan program dan besamya jumlah penyandang buta aksara, sangat diperlukan adanya keterlibatan organisasi masyarakat juga pentingnya peranserta pemerintah dalam PBA mengingat besamya pembiayaan yang akan digunakan bagi penyediaan piranti keras maupun piranti lunak. Survey yang dilakukan dibeberapa lokasi di wilayah Banten, maka berdasarkan pertimbangan relevansi dengan permasalahan yang diteliti serta ketersediaan( availability) sumber daya penelitian, maka kabupaten Tangerang dipilih sebagai lokasi penelitian dengan mempertimbangkanjumlah PBA yang relative tinggi (96.683 orang) dengan usia sekitar 15 - 55 tahun. Disamping itu tersedianya sejumlah guru wanita yang berstatus sebagai lulusan S 1 PGSD-UT yang menjadi struktur PBA. Penelitian mengambil tempat di 3 Kecamatan Wilayah Kabupaten Tangerang yaitu Neglasari, Pinang dan Periuk yang dimulai dari bulan September 2007 hingga Nopember 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru wanita yang menjadi instruktur PBA menguasai materi belajar yang digunakan di PBA mirip dengan materi peljaran di tingkat SD, selain itu mereka mampu mengembangkan sistem instruksional dalam kegiatan belajar di kelas PBA Sehingga perlu lebih dipersiapkan lagi instruktur yang tidak hanya fokus pada faktor teknis pembelajam di kelas tapi juga memperhatikan aspek psikologi, sosial dan budaya wanita dewasa, kelompok orang dewasa, masyarakat religiustradisional dan budaya timur( orientallpatemalistik/panutan). Perlunya pihak koordinator kegiatan mahasiswa di UPBJJ-UT Serang membangun kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan PBA agar pengentasan buta aksara di Serang menjadi sukses.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 08/81504
Uncontrolled Keywords: KAJIAN WANITA; S1 PGSD-UT
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
600 Technology and Applied Sciences > 610-619 Medical and Medicine Science (Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 617.75 Disorders of Refraction and Accomodation and Color Blindness (Gangguan Penglihatan dan Buta Warna)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:07
Last Modified: 24 Oct 2018 06:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3125

Actions (login required)

View Item View Item