Komparasi Keefektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dan Pendekatan Realistic mathematic Education (RME) pada Materi Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMA Negeri 1 Pituampuana Kabupaten Wajo

Nurdin, (2013) Komparasi Keefektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Creative Problem Solving (CPS) dan Pendekatan Realistic mathematic Education (RME) pada Materi Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMA Negeri 1 Pituampuana Kabupaten Wajo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42123.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas anatara 2 model pembelajaran matematika yaitu CPS dan RME yang diaplikasikan dalam seting pembelajaran kooperatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan rancangan RPT-PT control grup sebagai design penelitian. Dua kelompok masing-masing terdiri dari 32 siswa ditentukan secara acak dari seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pitumpanua tahun ajaran 2013/2014. Kelompok 1 diberi perlakuan CPS dan kelompok 2 diberi perlakuan RME. Instrumen penelitian adalah lembar pengarnatan tentang aktivitas dan respons serta tes hasil belajar materi Sistem Persamaan linear. Data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pendekatan CPS maupun RME dinyatakan efektif serta memperlihatkan respon positif. Hasil analisis inferensial (Uji-t) menunjukkan (i) penerapan metode CPS menunjukkan peningkatan basil belajar (skor rata-rata 80 dan gain temormalisasi sebesar 0, 78 atau dalam kategori tinggi), (ii) penerapan metode RME menunjukkan peningkatan basil belajar (skor rata-rata 85,42 dan gain ternormalisasi sebesar 0,86 atau dalam kategori tinggi), (iii) terdapat perbedaan basil belajar yang siknifikan diantara kedua pendekatan/metode (CPS dan RME) dan pendekatan RME lebih baik. Disarankan agar guru matematika menerapkan kedua pendekatan ini dalam memfasilitasi aktivitas dan perbedaan kognitif siswa untuk meningkatkan kemanpuan siswa dalam pelajaran matematika di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42123.pdf
Uncontrolled Keywords: pendidikan matematika, RME, CPS, mathematic education.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Jun 2016 08:05
Last Modified: 02 Aug 2019 09:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item