Determinan Kinerja Pelayanan Publik

Darmanto, and Fadillah, Syarif and Frans, Yudith Alexanderina (2007) Determinan Kinerja Pelayanan Publik. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81513.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Determinan Kinerja Pelayanan Publik - Studi Kasus Pada Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok. Determinan yang digunakan dalam mengukur kinerja pelayanan publik ini ada enam, yaitu kewenangan diskresi, orientasi terhadap perubahan, budaya paternalisme, etika pelayanan, sistem insentif, dan semangat kerjasama. Obyek dalam penelitian ini adalah dinas-dinas yang ada di lingkungan Pemkot Depok. Dari seluruh dinas yang ada, kami memilih enam dinas diantaranya, yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, serta Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ). Alasan pemilihan dinas-dinas ini antara lain karena dinas-dinas ini berhubungan langsung dengan masyakat secara personal. Namun Dinas Kesehatan tidak kami pilih, mengingat dinas ini membawahi begitu banyak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di seluruh wilayah Pemkot Depok. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa secara umum kinerja pelayanan publik di lingkungan Pemkot Depok, berdasarkan enam determinan yang kami gunakan, termasuk dalam kategori cukup baik. Namun demikian, dari enam determinan ini, etika pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya melayani masyarakat, tampaknya menunjukkan kinerja terbaik. Sementara determinan semangat kerjasama, sistem insentif, dan budaya paternalisme menunjukkan kinerja yang kurang menggembirakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 08/81513
Uncontrolled Keywords: KINERJA; PELAYANAN PUBLIK
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 369.5 Service Clubs (Perkumpulan Layanan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:58
Last Modified: 16 Aug 2019 02:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item