Siska, (2014) Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Kebisaan Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mamasa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42121.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan fasilitas belajar, kebiasaan belajar dan kemarnpuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri I Mamasa. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional dan dilakukan Untuk menjawab enam hipotesis utarna, yaitu ada tidaknya : ( l) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dengan kebiasaan belajar, (2) pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dengan kern amp nan berpikir kritis, (3) pengaruh kebiasaan belajar dengan kemampuan berpikir kritis, (4) pengaruh pemanfaatan fusilitas belajar dengan basil belajar matematika, ( 5) pengamh kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, (6) kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mamasa tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan Analisis Jalur.Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh langsung positif yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan kebiasaan belajar matematika (p=O.OOO), ada pengaruh langsung positif yang singnifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan dengan kemampuan berpikir kritis (p=0.005), ada pengaruh langsung positif yang signifikan kebiasaan bel ajar dengan kemampuan berpikir kritis (p=O.OOO), tidak ada pengaruh langsung positif pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika (0.699), ada pengaruh langsung positif yang signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika (p=O.OOO), ada pengaruh langsung positif yang signifikan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika (p=O.OOO). Kesimpulan yang diperoleh pacta penelitian iui yaitu ada pengaruh langsung positif yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan kebiasaan bel;Uar, antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan kemampuan berpikir kritis, antara kebiasaan belajar dengan kemampuan berpikir kritis, antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika, antara kemampnan berpikir kritis dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri l Mamasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/42121.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan fusilitas belajar, kebiasaan belajar, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar matematika, facility learn utilization, habit learn, ability think, result learn the mathematics. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 06:42 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 08:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/316 |
Actions (login required)
View Item |