Peran Mata Kuliah Menulis 2 Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UT

Lis, Setiawati and Ratu, Badriah and Nanang Wasono, Ebi Warsono (2007) Peran Mata Kuliah Menulis 2 Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81517.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian beJj udul "Peran Mata Kuliah Menu lis 2 terhadap Kemarnpuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia" dilakukan dengan Jatar belakang pentingnya kemarnpuan menulis bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemarnpuan menulis mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Menulis 2 (menulis lanjut) dan apakah kemarnpuan menulis yang mereka miliki memiliki kontribusi terhadap perannya sebagai guru dan sebagai anggota masyarakat. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan mahasiswa yang telah lulus pada masa kelulusan 2006.2 yang tersebar di berbagai UPBJJ Sarnpel penelitian adalah mahasiswa yang mengembalikan instrumen penelitian (tes kemarnpuan menu! is dan kuesioner) yaitu sebanyak 36 orang mahasiswa yang berasal dari UPBJJ Jakarta, Serang, Bandung, Purwokerto, Bengkulu, Banjarmasin, Kupang, dan Papua. Hasil penelitian tentang kemarnpuan menulis menunjukkan bahwa, mahasiswa memiliki kemampuan menulis yang baik yaitu, 25% berada pada katagori sangat baik, 38,89% baik, 33,33% cukup, sedangkan yang berada pada kategori kurang hanya 2, 78% dari jumlah sarnpel. Hasil analisis tentang manfaat atau kontribusi kemarnpuan menulis mahasiswa terhadap perannya sebagai guru dan sebagai anggota masyarakat menunjukkan, 85,83 % responden menyatakan bahwa kemarnpuan menulis yang mereka miliki bermanfaat, 11,39 % menyatakan tidak bermanfaat atau tidak berkontribusi, dan 3,06 % responden tidak memberikan pendapatnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): PENDIDIKAN; BAHASA INDONESIA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 652.1 Penmanship (Teknik Menulis Indah)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Oct 2016 01:46
Last Modified: 10 Jul 2018 03:17
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item