Partisipasi Mahasiswa dalam Tutorial Online

Maria, Maya and Riana, Kurnia Endah (2007) Partisipasi Mahasiswa dalam Tutorial Online. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
81536.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain studi kasus penyelenggaraan tutorial online mata kuliah Pengantar Akuntansi, Penganggaran, Organisasi Perusahaan, dan Pengantar Bisnis pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi-UT masa registrasi 2007.2. Penelitian ini menggunakan data penyelenggaraan tutorial online mata kuliah case study untuk mengetahui pola partisipasi mahasiswa pada tutorial online dan pola interaksi dalam diskusi kelas pada mata kuliah yang dijadikan studi kasus. Peneliti juga melakukan survey melalui pengiriman kuesioner ke mahasiswa peserta tutorial online mata kuliah case study melalui email, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa pada tutorial online mata kuliah case study. Dari seluruh kuesioner yang dikirimkan tersebut, hanya 30 kuesioner yang dikembalikan oleh mahasiswa (3,3%). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan tingkat partisipasi mahasiswa dalam tutorial online pada mata kuliah case study adalah cukup rendah. Data menunjukkan dari ratarata registrasi sebanyak 227 orang, maka yang login berkisar 33,6%, yang aktif dalam forum diskusi hanya berkisar 6,45%, yang berpartisipasi pasif sekitar 27,I5%, dan yang mengerjakan tugas sekitar 9,89%. Penelitian ini juga mengindikasikan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam tutorial online. Ditemukan, faktor biaya mengakes, keterampilan computer mahasiswa, tempat mengakses mahasiswa, akses ke jaringan UT merupakan faktorfaktor yang kurang berpengaruh atau tidak menjadi kendala bagi mahasiswa dalam berpartisipasi pada tutorial online mata kuliah case study. Sebagian besar mahasiwa (70% mengemukakan faktor biaya bukan menjadi kendala, 83% mengemukakan keterampilan komputer tidak menjadi kendala, 77% mengemukakan mengakses dari kantor, 63% mengemukakan akses ke jaringan UT cukup mudah, walaupun ada sejumlah 13% yang mengemukakan jaringan UT sering bermasalah). Adapun faktor yang menjadi kendala bagi responden dalam berpartisipasi adalah kecepatan pemberian feedback, dimana sebagian besar mahasiswa (73%) berpendapat tutor kadang-kadang cepat memberi feedback. Namun demikian sebagian besar responden menganggap tutor sudah tepat memberi petunjuk pada topik yang dibahas (63%) dan sudah cukup aktif memberi motivasi (70%). Ditemukan pula faktor lain perlu diperhatikan adalah format materi diskusi (57% menginginkan kasus pendek) dan topik diskusi (53% mengingingkan topik terkini). Pada lain hal hasil survey menunjukkan sebagian besar responden berpendapat tutorial online bermanfaat dalam memberikan wawasan baru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 08/81536
Uncontrolled Keywords: Tutorial online
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 006.754 Online Social Network (Situs Jejaring Sosial, Sosial Media)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:22
Last Modified: 12 Jun 2020 01:33
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3218

Actions (login required)

View Item View Item