Wigati, Endang Sri (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) Materi Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA SMA. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41929.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Berawal dari pengalaman penulis selama mengajar, sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, sehingga siswa sulit menerima dan memaharni pelajaran matematika, salah satu diantaranya materi trigonometri. Penyebab siswa sulit menerima dan memahami pelajaran trigonometri karena pada umumnya guru lebih memilih model pembelajaran langsung dengan metode ceramah atau tanya jawab dalarn kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajarannya terpusat pada guru (Teacher Center), siswa hanya mendengarkan dan menerima yang guru ajarkan, sehingga siswa menjadi pasif karena siswa tidak diajak terlibat langsung dalarn pembelajaran, hal ini bertentangan dengan kurikulum 2013 yaitu pembelajaran berpusat pada siswa (Student Center). Salah satu altematif untuk mengubah pembelajaran tersebut yakni dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (Discovery Learning), yaitu pembelajaran dimana siswa berpikir sendiri sehingga dapat menyelesaikan masalah yang diberikan dengan bimbingan dan petunjuk dari guru berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan. Tujuan penelitian ini adalah: (I) untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing yang berkualitas baik untuk materi trigonometri di kelas XI MIPA, (2) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing yang berkualitas baik pada mater trigonometri di kelas XI MIPA. Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan. Semmel dan Semmel yang terdiri dari tabap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Namun dalam penelitian ini pada tahap penyebaran (Disseminate) hanya dilakukan tes validasi (Validation testing). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktifitas Siswa (LAS) dan Penilaian Hasil Belajar. Pada penelitian ini digunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing untuk trigonometri di kelas XI MIPA apakah berkualitas baik. Adapun data yang dianalisis yaitu: (I) kemampuan guru mengelola pembelajaran, (2) aktivitas siswa, (3) respon siswa terhadap pembelajaran penemuan terbimbing dan (4) peniiaian basil beiajar. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa perangkat pembeiajaran matematika dengan model penemuan terbimbing untuk materi trigonometri di kelas XI MIPA SMA dikatagorikan baik, sebab kriteria dari perangkat pembeiajaran yang baik Ielah terpenuhi, yaitu antara lain: (I) kemampuan guru dalam mengeiola pembelajaran baik, (2) akivitas siswa selama kegiatan pembelajaran efektif, (3) respon siswa temadap pembelajaran positif, dan (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria validitas tinggi, reliabel dengan koefisien reliabilitas tes 0,852, sensitif dengan sensitivitas ~ 0.30 dan (5) tingkat ketuntasan belajar pada tahap uji coba 81,25% dengan penguasaan bahan ajar 81,53. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini dapat digunakan sebagai altematif untuk mengajarkan materi trigonometri dengan sub materi aturan sinus dan aturan cosinus kelas XI MIPA dengan menggunakan model penemuan terbimbing (Discovery Learning).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41929.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran penemuan terbimbing, materi trigonometri, perangkat, Guided discovery learning, material trigonometry, rank. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 516.24 Trigonometry/Trigonometri |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 07:38 |
Last Modified: | 30 Jun 2016 07:38 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/327 |
Actions (login required)
View Item |