Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas VII pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel

Ramdan, Mohamad (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas VII pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41931.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan selama ini umumnya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Padahal seharusnya siswa terlibat aktif dan dituntut untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Pendekatan Saintifik mengharuskan siswa memperoleh 5 (lima) pengalaman belajar pokok meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan perangkat pembelajaran untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, efektif, dan praktis. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1 ). Tahap Pendefinisian yang bertujuan untuk menentukan dan mendefinisikan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pembelajaran, 2). Merancang prototipe (contoh) perangkat pembelajaran yang akan digunakan, 3). Tahap Pengembangan yang merupakan tahap penyusunan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, LKS sebagai bahan ajar. Kemudian draf perangkat pembelajaran terse but divalidasi oleh para ahli dan uji coba lapangan (kelas). Revisi perangkat pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada hasil masukan (validasi) para ahli dan uji lapangan. Hasil revisi produk inilah yang akan menjadi Perangkat Pembelajaran Matematika yang siap digunakan. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel adalah valid, efektif, praktis dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41931.pdf
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa, Pendekatan Saintifik, Perangkat Pembelajaran Matematika, Mathematics Learning Devices, Scientific Approach, Student Creativities.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 512.5 Linear, Multilinear, Multidimensional Algebra/Aljabar Linear, Multilinear, Aljabar Multidimensional
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jul 2016 07:25
Last Modified: 12 Jul 2016 07:25
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item