Persepsi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara terhadap Pelayanan di Objek Wisata Sabang

Nizar, Muhammad (2014) Persepsi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara terhadap Pelayanan di Objek Wisata Sabang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41918.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, mengenai pelayanan di objek wisata Sabang. Pelayanan yang dimaksud adalah keberadaan fasilitas yang mendukung di wilayah Sabang, keramahtamahan pekerja yang memberikan pelayanan kepada para wisatawan, kebersihan berbagai tempat di Sabang, keamanan di wilayah objek wisata Sabang dan perasaan nyaman yang dirasakan oleh wisatawan saat mereka berkunjung ke sana. Desain penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial, di mana data demografi responden dianalisa secara deskriptif sedangkan untuk melihat perbedaan persepsi antara wisatawan nusantara dan mancanegara terhadap pelayanan di Sabang digunakan uji statistik inferensial. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke Sabang saat penelitian ini dilakukan, baik nusantara maupun mancanegara. Sebanyak 73 responden terdiri dari 35 (47,9%) merupakan wisatawan nusantara dan sisanya sebanyak 38 (52, I%) merupakan wisatawan mancanegara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para wisatawan cukup puas dengan fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Sabang. Keramahtamahan pekerja juga bukan merupakan masalah bagi para wisatawan. Demikian juga dengan masalah keamanan, walaupun provinsi Aceh cukup mendapat perhatian dari mata International mengenai keamanannya, namun hal sebaliknya dirasakan oleh para pengunjung, mereka merasa cukup aman dan nyaman berada di Sabang. Masalah kebersihan merupakan satu-satunya isu yang mendapat perhatian dari para wisatawan dimana mereka belum cukup puas dengan kebersihan tempat wisata Sabang. Untuk mengetahui perbedaan persepsi antara wisatawan nusantara dengan mancanegara, dilakukan uji independent sample t-test, dan didapatkan bahwa tidak ditemukan perbedaan yang berarti mengenai persepsi antara wisatawan nusantara dan mancanegara tentang pelayanan di objek wisata Sabang (p : 0,228).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41918.pdf
Uncontrolled Keywords: Persepsi, wisata, wisatawan, Sabang, Perception, tourist, tourists.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.7 Perceptual Process (Proses Persepsi)
300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351.072 Research, Related Topics (Metode Riset Penelitian Administrasi Negara, Statistik Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 12 Jul 2016 07:47
Last Modified: 28 Feb 2019 01:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item