Validitas Prediktif Perangkat Soal UKT (Ujian Komprehensif Tertulis) Mahasiswa Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan UT Pada Masa Ujian 90.2 S/D 92.1

Fadila, Ila and Ismulyaty, Sri (1994) Validitas Prediktif Perangkat Soal UKT (Ujian Komprehensif Tertulis) Mahasiswa Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan UT Pada Masa Ujian 90.2 S/D 92.1. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
80484.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Data untuk penelitian ini berdasarkan data sekunder Print-out Unit Komputer UT berupa nilai UKT dan nilai matakuliah pendukung yang terbaik dari 566 mahasiswa program studi Ekonomi dan Studi Pembangunan UT yang telah mengikuti UKT pada masa ujian 90.2 sampai dengan 92.1. Matakuliah-matakuliah pendukung tersebut meliputi: Teori Ekonomi Makro II (EKON4432), Ekonomi Pembangunan II (EKON4433), Ekonomi Moneter (EKON4435) dan Pengantar Ekonometri (EKON4441). Metodologi penelitian menggunakan tahapan pengkodingan data pada koding sheet yang diolah melalui program SPSS, kemudian hasil print-out SPSS diolah berdasarkan analisis deskriptif dan analisis korelasional. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa dari 566 mahasiswa yang ada, 62,4% mendapat nilai C dengan peserta terbanyak pada masa ujian 90.2. Perolehan nilai matakuliah pendukung yaitu Teori Ekonomi Makro II (EKON4432), Ekonomi Pembangunan II (EKON4433), dan Ekonomi Moneter (EKON4435) mengumpul di C masing-masing sebesar 48.1%; 60.2% dan 56.2%, sedangkan untuk matakuliah Pengantar Ekonometeri (EKON4441) mengumpul pada D sebanyak 49.2%. Nilai keeratan (koefisien korelasi) antara nilai UKT dengan masing-masing nilai matakuliah pendukung hampir mendekati nol bahkan dengan nilai EKON4441 koefisien korelasinya negatif. Hal ini menunjukkan bahwa hampir tidak ada hubungan (relevansi) antara nilai matakuliah pendukung dengan nilai UKT. Dari teori yang ada bila antara variabel yang diteliti dengan variabel kriteriumnya tidak ada hubungan berarti secara validitas prediktif bahan UKT yang ada sebagai variabel yang diteliti tidak valid. Penyebab- penyebab lain tidak adanya hubungan (relevansi) antar nilai UKT dan nilai matakuliah pendukung dapat diteliti lebih lanjut dengan cara dan metoda yang berbeda pula. Terlihat bahwa koefisien korelasi antara nilai UKT sebagai variabel yang diukur dengan nilai-nilai matakuliah EKON4432, EKON4433, dan EKON4435 sebagai kriterium hampir mendekati nol, bahkan ada satu variabel yaitu korelasi antara nilai UKT dengan nilai EKON4441 negatif, yang berarti mempunyai hubungan terbalik, sedangkan signifikansinya cukup besar (0.241 sampai dengan 0.831). Untuk jelasnya nilai keeratan antara nilai UKT dengan nilai matakuliah-matakuliah pendukung tersebut dapat dirinci sebagai berikut: Korelasi nilai UKT dengan nilai Teori Ekonomi Makro II (EKON4432) = 0.0090, dengan nilai Ekonomi Pembangunan II (EKON4433) = 0.0509, dengan nilai Ekonomi Moneter II (EKON4435) = 0.0440, dan terakhir dengan nilai Pengantar Ekonometeri (EKON4441) = -0.0225. Dengan kondisi data seperti di atas menunjukkan bahwa hampir tidak ada hubungan (relevansi) antara nilai matakuliah pendukung dengan nilai UKT. Berarti juga kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan ujian (UAS) matakuliah pendukung tidak dibarengi dengan kemampuannya dalam menyelesaikan UKT, hal ini bisa dimungkinkan oleh beberapa hal seperti berikut ini: 1. Bahan UKT tidak ada relevansinya sama sekali dengan bahan matakuliah pendukung. 2. Baik naskah UKT maupun naskah pendukung tidak ada relevansinya dengan modul yang dibaca mahasiswa, atau keterbacaan modul tidak menunjang kesiapan mahasiswa dalam menjawab soal-soal ujian. 3. Keterbatasan bahan UKT yang berupa tes uraian oleh mahasiswa cukup sulit dipahami. 4. Mahasiswa sama sekali tidak membaca bahan ujian yang berasal dari buku-buku penunjang yang turut melengkapi UKT. 5. Pola jawaban UKT yang disampaikan mahasiswa peserta UKT kurang. memberikan jawaban yang tepat dan jelas. 6. Pola pikir mahasiswa terbatas, masih bersifat ingatan dan tidak menunjukkan adanya kemampuan dan pemahaman yang komprehensif dalam bidang studinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 95/80484
Uncontrolled Keywords: validitas, soal ukt, ekonomi dan studi pembangunan-UT
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:35
Last Modified: 20 Oct 2016 04:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item