Sudjono, Sudjiati (2015) Pengembangan Buku Ajar Siswa Berbasis CTL pada Materi Prisma dan Limas di Kelas VIII SMP Negeri Gading Kabupaten Probolinggo. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41937.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Kondisi nyata di SMP Negeri I Gading Kabupaten Probolinggo belurn tersedia buku siswa untuk digunakan dalam proses belajar mengajar matematika. Siswa menggunakan buku yang jumlahnya terbatas dan lembar kerja siswa (LKS) terbitan non pemerintah, sedangkan buku terbitan pemerintah berupa BSE belurn tersedia. Tujuan pengembangan penelitian ini adalah "Menghasilkan produk buku ajar siswa berbasis CTL pada materi prisma dan Iimas di kelas VIll SMP Negeri I Gading Kabupaten Probolinggo yang valid, praktis, dan efektif'. Selain itu, buku ajar siswa yang dihasilkan ini diharapkan dapat mengatasi minimnya sumber belajar yang tersedia di SMP Negeri I Gading Kabupaten Probolinggo. Buku ajar siswa yang dikembangkan berdasarkan tahapan yang dikemukakan oleh Plomp yang terdiri dari dalam empat fase, yaitu; (1) investigasi awal, (2) desain atau perancangan, (3) realisasi atau konstruksi, dan (4) tes, evaluasi, revisi. Adapun langkah-langkah pembelajaran CTL yang tercermin dalam buku ajar siswa meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Produk pengembangan yang terdiri dari buku ajar siswa selanjutnya dievaluasi oleh ahli isi mata pelajaran, ahli rancangan pembelajaran, guru mata pelajaran, siswa kelompok kecil, dan uji coba kelas. Berdasarkan analisis data dari uji ahli isi mata pelajaran terhadap produk pengembangan berupa buku ajar siswa 82,69% . Hasil dari uj i ahli rancangan pembelajaran terhadap buku ajar siswa yaitu: (I) berdasarkan bahasa dan tampilan (85,71%), (2) berdasarkan isi (85,42%), (3) berdasarkan kemanfaatan (100%}. Berdasarkan kriteria, buku ajar siswa memenuhi kriteria valid dan tidak perlu diadakan revisi. Hasil penilaian dari guru mata pelajaran terhadap buku ajar siswa 92,86%. Hasil analisis data terhadap aktifitas guru, siswa, dan respon siswa dalam uji coba kelompok kecil berturut-turut 87,33%, 81,67%, dan 86,48%. Hasil analisis data terhadap aktifitas guru, siswa, dan respon siswa dalam uji coba kelas berturut-turut 87,33%, 87,17%, dan 84,14%. Persentase ketuntasan belajar pada uji coba kelompok kecil 83,33%. Persentase ketuntasan bela jar pada uji coba kelas 84,62%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/41937.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Ajar Siswa, Prisma, Limas, Development, Students textbook, prism and Pyramid. |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 08:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2016 08:36 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |