Deskripsi Perilaku Belajar Anak Berdasarkan Status Dalam Keluarga

Salama, Syarifuddin (1997) Deskripsi Perilaku Belajar Anak Berdasarkan Status Dalam Keluarga. Project Report. Universitas Terbuka, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text
80891.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu keluarga, status anak dapat dibedakan atas anak sulung, anak bungsu, anak tunggal, anak angkat, dan anak tiri. Perbedaan status anak dalam suatu keluarga akan membawa perbedaan pada pertumbuhan kepribadian dan perilakunya. Dari berbagai status anak di atas peneliti, tertarik untuk membahas perilaku yang dimiliki anak tunggal, sebab ada berbagai perbedaan pendapat terhadap perilaku anak tunggal di sekolah maupun di rumah. Di mana perbedaan tersebut sifatnya bertentangan satu sama lain. Diharapkan dengan diketahuinya berbagai perilaku anak tunggal, dapat diberikan beberapa alternative pemecahan terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh anak tunggal, terutama untuk hal yang berkaitan dengan berkaitan dengan kegiatan belajarnya. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam menunjang keberhasilan pembangunan akibat keberhasilan program KB anak usia sekolah dewasa. lni banyak yang berasal dari anak tunggal atau anak bungsu dan anak sulung dari dua bersaudara. Karena penelitian ini tcntang perilaku belajar yang datanya tidak dinyatakan dalam bentuk kuantitatif dan bersifat alami. Maka penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Beberapa temuan yang dapat peneliti ungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Anak tunggal cenderung mendapat perhatian dari orangtua, sehingga dia menjadi lebih rajin, terarah dan teratur; (2) Anak tunggal cenderung kurang bisa. menghadapi kesulitan di rumah, sehingga jika mengalami kesulitan belajar dia kurang ada usaha untuk mengatasinya. dan lebih suka menegantungkan diri pada orang lain; (3) Anak tunggal tidak kesulitan di bidang ekonomi sehingga waktu istirahat lebih banyak digunakan makan di kantin; (4) Anak tunggal kurang bisa bergaul akrab dengan teman-temannya sebab dia terbiasa menyendiri di rumah .

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 99/80891
Uncontrolled Keywords: perilaku belajar, status anak dalam keluarga, anak tunggal
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306.85 Family (Keluarga)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 21 Oct 2016 02:01
Last Modified: 21 Oct 2016 02:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item