Hubungan Penerapan Cbsa Terhadap Prestasi Belajar Siswa : Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bantimurung Kab. Daerah Tk. II Maros

Rahmawati, (1994) Hubungan Penerapan Cbsa Terhadap Prestasi Belajar Siswa : Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bantimurung Kab. Daerah Tk. II Maros. Project Report. Universitas Terbuka, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text
80518.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting untuk kemajuan suatu bangsa. Oleh korena itu mutu pendidikan harus ditingkatkan dengan tujuan meningktakan kualitas manusia seutuhnya, Untuk mengukur keberhasilan pendidikan, tidak dapat dilepaskon dari berbagai faktor, yakni faktor bahan, faktor instrumental dan faktor kondisi individu. Pengukuran dimaksud untuk memperoleh informasi secara menyeluruh mengenai proses dan hasil yang telah dicapai anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) memperoleh informasi besarnya sumbangan efektif CBSA terhadap prestasi belajar siswa SD negeri, (b) menguji daya prediksi nilai rata-rata siswa setiap cawu dalam mengikuti EBTANAS bagi siswa SD Negeri 1. Penelitian ini diharopkon dapat bermanfaat bagi: (a) sebagai umpan balik bagi pendidik (b) informasi bagi pengelola pendidikan, (c) pendorong bagi penelitian ini memperlihatkan adanya pengaruh Cawu I don Cawu II terhadap nilai belajar akhir. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan diterima berdasarkan bukti pengujian yang telah dilakukan berdasarkon data yang telah dijaring. Sebagai kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut : (a) prestasi siswa SD kelas IV dikecamatan Bantimurung kabupaten Maros tergolong sedang/ voriabel yang diteliti dalam penelitian ini mempunyai hubungan yang signifikan. Sebagai implikasi penelitian, maka penelitian ini dapat merupakan bahan informasi bagi para guru, masyarakat dan orang tua siswa untuk turut mendukung program pengajaran bagi anak-anaknya. Dalam penelitian ini disarankan (a)perlu ditelusuri faktor-faktor pendukung yang dapat mempertinggi prestasi belajar siswa, (b) perlu adanya penyediaan fasilitas belajar yang memadai dalam rangka mendukung peningkatan sumber daya manusia. dalam hal ini adalah siswa, guru dan pengelola pendidikan dan lain-lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 96/80518
Uncontrolled Keywords: penerapan CBSA, prestasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 21 Oct 2016 08:30
Last Modified: 01 Aug 2019 02:27
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item