Pengaruh Pembelajaan dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa MTs

Srilestari, (2014) Pengaruh Pembelajaan dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa MTs. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42112.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa MTs Negeri Poncowati. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalahpembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan konvensional yang digunakan untuk mengukur pengaruh pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IX MTs N Poncowati Lampung Tengah yang berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Random Sampling, sehingga kelas IX A dijadikan sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sedangkan kelas IX B sebagai kelas kontrol yaitu diberikan pembelajaran konvensional, dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai tingkat kemampuan yang relatif sama. lnstrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes pemahaman konsep dan berupa angket disposisi matematis siswa. Data pemahaman konsep diperoleh dari hasil postes berupa soal esay yang berjumlah 8 butir. Data disposisi matematis diperoleh dari angket yang berjumlah 40 butir dan dilaksanakan setelah postes pemahaman konsep dilakukan. Hasil Penelitian adalah: (I) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual dan pembelajaran konvensional, derigan perbedaan rata-rata hasil postes pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen sebesar 76,06, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,25. (2) terdapat perbedaan disposisi matematis antara pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual dan pembelajaran konvensional, dengan perbedaan rata-rata hasil angket disposisi matematis pada kelas eksperimen sebesar 115,92, sedangkan pada kelas kontrol sebesar I 05,25 Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa di MTs.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42112.pdf
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, pendekatan kontekstual, pemahaman konsep, disposisi Matematis, Contextual approach, concept Understanding, Mathematical disposition.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jul 2016 09:30
Last Modified: 31 Jul 2019 03:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item