Efektifitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 4 Watampone

Yunus, Muhammad (2013) Efektifitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 4 Watampone. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42127.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika materi persamaan kuadrat dengan mengamati tiga aspek yaitu (I) aktivitas belajar peserta didik, (3) respons peserta didik terhadap pembelajaran, serta (3) basil belajar siswa dan perbedaan antara skor pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Watampone. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling (kelas sebagai unit sampel) dengan rancangan penelitian two group - pretest - posttest - design. Data tentang aktivitas belajar peserta didik diperoleb melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran, data respons peserta didik terbadap pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa pada akhir penelitian, sedangkan untuk mengetabui hasil belajar siswa digunakan tes basil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan aktifitas belajar peserta didik, respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan basil belajar peserta didik, serta analisis inferensial untuk menguji bipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran efektif, (2) respons peserta didik terbadap pembelajaran positif, dan (3) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang berarti baik dengan pengajaran langsung maupun dengan pembelajaran model kooperatif tipe NHT. Pada pengajaran langsung tidak tuntas klasikal sedangkap pada pembelajaran NHT tuntas klasikal. Analisis statistik inferensial menunjukkan babwa (I) terdapat perbedaan signiftkan antara nilai pretest dan posttest dalam pengajaran langsung, (2) terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan yang diajar dengan model pengajaran langsung. sehingga dari basil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif diterapkan pada pembelajaran matematika materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 4 Watampone.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42127.pdf
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran kooperatif, pembelajaran kooperatif tipe NHT, numbered head together, the effectiveness of cooperative learning, cooperative learning NHT type.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 519.8 Special Topics of Applied Mathematics/Topik Khusus Matematika Terapan
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2016 07:35
Last Modified: 19 Jul 2016 07:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item