Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Pelayanan Perijinan terpadu Kota Sibolga

Lubis, Ade Mahligai Putra (2014) Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Pelayanan Perijinan terpadu Kota Sibolga. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42065.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik tercermin dalam segala bentuk kegiatan dalam rangka pengaturan, pembinaan, penyediaan fasilitas, jasa dan lainnya yang dilaksanakan oleh pemerintah kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengembangan penyelenggaraan pelayanan publik merupakan salah satu pilihan strategis untuk mengembangkan pemerintah yang baik. Hal ini disebabkan karena terselenggaranya pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi kepada masyarakat merupakan salah satu tolok ukur penyelenggaraan pemerintah yang baik. Sebagai salah satu perangkat daerah Kota Sibolga, Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kota Sibolga diberikan kewenangan untuk melaksanakan pelayanan di bidang pelayanan perijinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga pelayanan terhadap kepuasan masyarakat yang mengurus perijinan pada KPPT Kota Sibolga. Banyaknya sampel yang diambil scbanyak 91 orang responden dari populasi 923 responden yang mengurus perijinan selama tahun 2013, dimana penentuan sample ini diperoleh melalui rumus Slovin (Riduwan, 20\ 0). Anal isis data yang digunakan selain dengan cara deskripsi juga dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang diolah melalui program SPSS. Hasil dari penelitian secara deskripsi menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibles. reliability, responsivennes. assurance dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat yang mengurus perijinan pada KPPT Kota Sibolga, sedangkan untuk harga pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat yang mengurus perijinan pada KPPT Kola Sibolga, akan tetapi secara bersama-sama kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi tangibles, reliability, responsivennes, assurance dan emphaty berpengaruh dengan harga pelayanan terhadap kepuasan masyarakat yang mengurus perijinan pada KPPT Kota Sibolga. Sedangkan secara parsial dimensi kualitas pelayanan responsivenness, dan ernphaty serta vari&bcl harga pelayanan tidak bcrpengaruh secara signitik!lll terhadap masyarakat yang mengurus perijinan pada KPPT Kota Sibolga. Hal ini bukannya tidak berpengaruh, akan tetapi variabel tersebut tidak dipertimbangkan oleh masyarakat yang dijadikan responden. Dari hasil penelitian ini, dapat disarankan agar KPPT Kota Sibolga mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik, meningkatkan kemampuan, kepedulian, sikap cepat tanggap petugas KPPT Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42065.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, tangibel, reliabel, responsif, jaminan, empati, harga pelayanan, kepuasan masyarakat, Quality of care, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy, service prices, public satisfaction.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan danĀ RisetĀ Penelitian Manajemen)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:15
Last Modified: 25 Jul 2016 09:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item