Peran Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara

Wahyuni, Sri (2015) Peran Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42110.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Secara konvensional, kinelja sekolah diindikasikan sebagai layanan pendidikan yang mampu menghasilkan output pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat/pengguna lulusan. Salah satu kekuatan dalam pengelolaan organisasi sekolah dan yang berperan untuk bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah peran kepemimpinan kepala sekolah, sebagai pemimpin kepala sekolah diharuskan mampu memprakarsai pemikiran baru dalam proses interaksi di lingkungan sekolah, dalam melakukan proses untuk mencapai tujuan sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah di SDN 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara. Mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam peningkatan kinerja sekolah di SDN 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara. Mengetahui upaya peningkatan kinelja sekolah oleh kepala sekolah SON 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara. Oesain penelitian ini adalah kualitatif (qualitative approach) yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari partisipan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari basil wawancara dengan semua warga sekolah yang terlibat langsung, yakni kepala sekolah, guru dan siswa. Pada hasil analisa didapat bahwa Peran kepala sekolah di SDN 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara sudah dilaksanakan dengan baik terbukti kepala sekolah sudah melakukan sosialisasi konsep MPMBS kepada semua warga sekolah, kepala sekolah melakukan koordinasi dan menyerasikan sumberdaya untuk mencapai tujuan. Faktor-faktor menjadi penghambat dalam peningkatan kinerja sekolah di SDN 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara adalah perpustakaan belum lengkap dan masih banyak membutuhkan buku-buku baik untuk pelajaran maupun buku-buku bacaan siswa, masih kekurangan guru kelas dan guru mata pelajaran, kurang disiplinnya siswa, masih rendahnya komunikasi interaktif antara pihak sekolah dengan orangtua murid dan masih kurangnya koordinasi sekolah dengan komite sekolah. Upaya peningkatan kinerja sekolah oleh kepala sekolah SDN 6 Matang Kuli Kabupaten Aceh Utara adalah pembenahan perpustakaan dan pengadaan buku, penambahan guru kelas dan guru mata pelajaran yang masih kurang, peningkatan kedisiplinan siswa, peningkatan komunikasi interaktif antara sekolah dengan orang tua siswa dan peningkatan koordinasi sekolah dengan komite sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/42110.pdf
Uncontrolled Keywords: Leadership,kepemimpinan
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:08
Last Modified: 28 Jul 2016 08:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item