Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Perilaku Dan Kinerja Dosen Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat

Suhardiman, (2013) Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Perilaku Dan Kinerja Dosen Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Skripsi thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41400.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan organisasi dalam menghasilkan output yang berkualitas sangat tergantung pada prilaku dan kinerja para dosen di Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Terdapat alternative pendekatan yang dapat digunakan salah satunya adalah pengelolaan kepemimpinan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui signifikasi pengaruh dari penerapan perHaku kepemimpinan transfonnasional terhadap perilaku para dosen dan kinerjanya serta signifikansi pengaruh dari perilaku terhadap kinerja para dosen tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan membangun tiga model. karena adanya variabel intervening berupa perilaku. Analisis dilanjutkan pada uji asumsi klasik uji sigiftkansi serta pemanfaatan berbagai parameter yang dihasIlkan dalam mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen organisasi Temuan dalam penelitian ini adalah komponen kepemimpinan transfonnasional berupa idealized irifluence, intelectual stimulation, individualized consideration dan inspirational motivation mempunyai pengaruh yang signifikan secar'd parsial dan simultan terhadap perilaku dan kinerja para dosen di Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Signifikansi pengaruh juga di temukan untuk variabel perilaku terhadap kinerja para dosen. Pengaruh yang diberikan paktor prilaku terhadap kinerja para dosen. Pengaruh yang diberikan paktor perilaku terhadap kinerja sebesar 75,60 persen, sehingga pengelolaan aspek yang berpengaruh terhadap perilaku kerja sangat di perlukan, tennasuk kepemimpinan. Pengaruh yang diberikan kepemimpinan dapat bersifat langsung dan tidak langsung terhadap kepemimpinan, jika terhadap perilaku memberikan pengaruh sebesar 57,30 persen, sedangkan terhadap kepemimpinan 52,60 persen. Saran penelitian ini bagi pimpinan Akademi Perawat kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah pembelajaran atas kepemimpinan transfonnasional baik dalam konsep dan praktek perlu dilakukan terns menerus. Konsep ini dapat menjadi rujukan dari gaya kepemimpinan, karena terbukti memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku dan kinerja dosen Akademi Perawat Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information (ID): 41400.pdf
Uncontrolled Keywords: Transformational Leadership, Behavior, Performance, Kepemimpinan transformasional, perilaku, kinerja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 05:02
Last Modified: 11 Aug 2016 03:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item