Strategi Pengembangan Unit Usaha Jasa dan Industri (Uji) Pengolahan Ikandi Politeknik Negeri Pontianak

Vatria, Belvi (2011) Strategi Pengembangan Unit Usaha Jasa dan Industri (Uji) Pengolahan Ikandi Politeknik Negeri Pontianak. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40727.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis usaha yang dapat dikembangkan oleh Unit Pengolahan Ikan Polnep ditinjau dari sisi kelayakan secara ekonomi dan menentukan strategi pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis kelayakan investasi yang terdiri dari Net Present Value (NPV), Profitable Indeks (PI) dan Payback Of Time (POT) dan analisis strategi yang terdiri dari analisis IFE, EFE, QSPM, dan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep dapat mengembangkan beberapa jenis usaha pengolahan ikan. Semua jenis usaha yang dapat dilakukan di Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep layak dikembangkan ditinjau dari penilaian kelayakan investasi. Hasil evaluasi faktor internal Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep menunjukkan posisi internalnya kuat yang dapat dimanfaatkan untuk meraih peluang dan meminimalkan hambatan dalam pengembangan Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep. Sedangkan hasil evaluasi faktor eksternal menjelaskan bahwa Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep belum memiliki respon yang baik dalam memanfaatkan peluang dan meminimalkan hambatan. Model pengembangan Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep adalah model usaha sendiri (mandiri). Penelitian ini menghasilkan 28 formulasi strategi pengembangan Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep. Strategi prioritas yang dapat direkomendasikan dari penelitian ini untuk pengembangan Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep adalah: (1) Dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap maka Unit UJI Pengolahan Ikan Polnep harus mulai meningkatkan keseriusan untuk membangun suatu usaha pengolahan ikan yang layak secara ekonomi sesuai dengan kebutuhan masyarakat/permintaan pasar. (2) Memanfaatkan tenaga ahli yang berpengalaman untuk melakukan kegiatan usaha pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. (3) Memperbaiki sistim organisasi yang kaku agar menjadi lebih fungsional. (4) Mencari sumber-sumber modal yang tidak begitu beresiko dan mengikat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 12/40727
Uncontrolled Keywords: unit pengolahan ikan, kelayakan investasi, strategi pengembangan, jasa dan industri, Pontianak, fish processing unit, investement feasibility, strategy development, service and industry
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657.07 Education, Research of Accounting (Pendidikan dan Riset Penelitian Akuntansi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Perikanan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Apr 2016 06:35
Last Modified: 06 Apr 2016 06:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item