Kreativitas Guru Dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya SD/MI

Sambada, Dwi (2014) Kreativitas Guru Dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya SD/MI. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.

[img]
Preview
Text
2014-dn-011.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Sebagian orang merasa bangga sekaligus beban menjadi guru. Bangga, karena dari gurulah banyak melahirkan orang hebat. Beban, karena setiap kata dan perilakunya digugu dan ditiru. Sosok yang digambarkan selalu mengajarkan norma dan nilai kebaikan. Plato menyatakan bahwa seni seharusnya menjadi dasar pendidikan, sehingga pendidikan seni mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang pendidikan secara umum. Dalam kurikulum 2013 pelajaran Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya masih dicantumkan, meliputi pendidikan seni rupa, musik, tari, teater dan prakarya. Dalam prakteknya masih banyak guru yang mengajarkan pendidikan seni dengan strategi pembelajaran lama, sehingga murid yang kurang berbakat seni menjadi pasif. Sarana dan prasarana pembelajaran yang terbatas seringkali menjadi kendala pengembangan seni di SD/MI. Permasalahan ini dapat diatasi jika guru memahami arah atau pendekatan seni yaitu Seni dalam Pendidikan atau Pendidikan melalui Seni. Diperlukan kreativitas guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat, misalnya dengan menerapkan Model pembelajaran Kontekstual yang mengkaitkan materi pembelajaran dengan konteks dunia nyata yang dihadapi siswa sehari-hari, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, alam sekitar dan dunia kerja. Kreativitas harus terus dikembangkan dengan berbagai kegiatan serta mampu mencari, mencoba, memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran yang ada di lingkungan sebagai alternatif pengganti alat, bahan, sarana prasarana yang dapat mencapai tujuan kurikulum.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2014-dn-011
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Guru; Kurikulum 2013; Pendidikan seni budaya dan Prakarya
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
700 The Art, Fine and Sport > 700-709 The Art (Teori Kesenian) > 702 Miscellany of Fine and Decorative Art (Aneka Ragam tentang Kesenian, Aneka Ragam tentang Karya Seni)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:30
Last Modified: 31 Oct 2016 04:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item