Memanfaatkan Grafologi (Tulisan Tangan Siswa) untuk Menumbuhkan Karakter Positif Siswa

Setiawati, Lis (2015) Memanfaatkan Grafologi (Tulisan Tangan Siswa) untuk Menumbuhkan Karakter Positif Siswa. In: Seminar Nasional Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan bagi Guru dan Dosen melalui Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 24-26 April 2015, Univ. Negeri Surakarta.

[img]
Preview
Text
2015-dn-017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Istilah karakter berkaitan dengan sifat-sifat yang ada dalam diri setiap individu. Satu dari dua makna istilah karakter dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang mem bedakan seseorang dari orang yang lain. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tertera "Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan setiap akibat dari keputusan yang ia buat". Untuk memiIiki karakter yang baik/positif diperlukan adanya pelatihan yang dilakukan secara berkesinambungan agar dapat terbentuk. Kegiatan yang tepat untuk membentuk karakter positif adalah melalui pendidikan. Proses berlangsungnya pendid ikan terdapat didalam pembelajaran. Melalui pembelajaran menulis, khususnya tulisan tangan siswa dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengetahui karakter yang terdapat didalam diri siswa. Pengetahuan tentang membaca tulisan tangan disebut grafologi. Para ahli menyebutkan bahwa grafologi merupakan sebuah ilmu yang empiris. Grafologi juga dapat dikatakan sebagai seni membaca karakter melalui tul isan tangan. Guru yang memiliki kemampuan menganalisis tulisan tangan siswa akan terbantu di dalam mem bentuk karakter positif siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2015-dn-017
Uncontrolled Keywords: Karakter, Grafologi, Membaca Karakter
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 130-139 Paranormal Phenomena (Fenomena Paranormal) > 137 Divinatory Graphology (Grafologi)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 07:08
Last Modified: 31 Oct 2016 07:08
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item