Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Human Capital

Sari, Putri Andhika (2012) Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Human Capital. In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan.

[img]
Preview
Text
fekon2012-02.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, dunia sedang memasuki era ekonomi gelombang ke empat yang dinamakan dengan era ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan manifestasi dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreativitas. Ekonomi kreatif ini ditopang oleh industri kreatif. Di Indonesia terdapat 14 klasifikasi industri kreatif yang secara umum dapat dibagi menjadi dua dimensi, yaitu: (a) substansi yang dominan dalam subsektor industri kreatif; (b) intensitas sumber daya yang dibutuhkan dalam subsektor industri kreatif. Model pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia mengacu pada pendekatan Triple Helix, di mana yang menjadi pondasi utamanya adalah manusia sebagai human capital. Kemampuan manusia untuk memiliki pengetahuan dan kreativitas merupakan modal utama yang dapat dijadikan sebagai faktor keunggulan bersaing. Metode penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah studi literatur. Hasil dari makalah ini memaparkan bahwa peranan human capital sangat penting dalam pengembangan ekonomi kreatif sehingga terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi human capital, antara lain: pengetahuan, pendidikan dan pelatihan pada sumber daya manusia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fekon2012-02.pdf
Uncontrolled Keywords: ekonomi kreatif, human capital
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Production, Industrial Economics (Produksi, Ekonomi Industri)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FEKON-UT 2012
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 07:24
Last Modified: 25 Sep 2020 16:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4826

Actions (login required)

View Item View Item