Dukungan Perusahaan Dalam Pengembangan Umkm Berbasis Program Csr

Hamdani, Mailani (2015) Dukungan Perusahaan Dalam Pengembangan Umkm Berbasis Program Csr. In: Seminar nasional kewirausahaan dan inovasi bisnis V1, 5 Mei 2015, Semarang.

[img]
Preview
Text
2015-dn-019.pdf

Download (726kB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab sosial dan lingkungan, atau masyarakat lebih mengenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR), menurut Word Business Council for Sustainable Development adalah komitmen berkesinambungan dari kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberi kontribusi bagi pembangunan ekonomi, seraya meningkatkan kualitas kehidupan karyawan dan keluarganya, serta komunitas lokal dan masyarakat luas pada umumnya. Corporate Social Responsibility (CSR) juga merupakan upaya dari perusahaan untuk meminimalisir kesenjangan yang ada di lingkungan akibat dari aktivitas yang dilakukannya. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM adalah usaha produktif mili k orang perorangan dan I atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha mikro, kecil dan menengah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Peran UMKM bagi perkembangan perekonomian di Indonesia adalah sentral dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan output. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendeskripsikan seberapa banyak atau pedulinya perusahaan di Indonesia yang melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembinaan atau bantuan pendanaan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Manfaat dari penul isan artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kepedulian atau peran perusahaan akan kemajuan atau perkembangan UMKM di Indonesia. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Informasi penulisan artikel ini berasal dari laporan tahunan perusahaan yang tergabung dalam perusahaan LQ45 periode Februari - Juli 2014. Teknik pengumpulan data dengan melihat dokumentasi berupa laporan tahunan perusahaan tahun 2014. Dari 45 perusahaan yang diamati, hanya 12 perusahaan yang kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) nya berupa pemberian bantuan dan pembinaan kepada UMKM.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 2015-dn-019
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 31 Oct 2016 07:35
Last Modified: 31 Oct 2016 07:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item