Pengaruh Deskripsi Pekerjaan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian lapangan Di Kabupaten Aceh Singkil

Haris, Abd (2008) Pengaruh Deskripsi Pekerjaan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian lapangan Di Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41250 (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh deskripsi pekerjaan dan budaya organisasi secara parsial terhadap kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas/lnstansi di Kabupaten Aceh Singkil dan mengetahui bagaimana pengaruh deskripsi pekerjaan dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas/Instansi di Kabupaten Aceh Singkil. Diharapkan penelitan ini nantinya berguna bagi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), sebagai salah satu pedoman dalam pelaksanaan tugas dilapanagan dan bagi Dinas/Instansi terkait, dapat memberikan kontribusi dalam menentukan kebijakan dan perencanaan program untuk meningkatan kualitas kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dilingkungan pemerintah daerah khususnya pemerintah daerah Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini adalah penelitan lapangan dengan mengambil objek penelitian 50 orang penyuluh lapangan dari 200 penyuluh yang ada di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Sampel diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah didisain dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis datanya digunakan multiple regresi. Sebelum dilakukan analisis maka dipastikan persamaan regressi yang diinterpretasi sudah memenubi asumsi klasik yang terdiri dari autokorelasi, heterokedastisitas, multikollinearitas dan normalitas sehingga persamaan tersebut merupakan estimator yang BLUE (Best Linear Unbiased Estimation). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan kedua variable berpengaruh signifikan terhadap kinerja yang ditunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000<0.05. secara parsial deskripsi pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja hal ini ditunjukkan oleh nilai variabel sebesar 000005 sedangkan budaya organisasi 0030.05 yang juga menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan deskripsi pekerjaan dan budaya organisasi secara parsial maupun serempak merupakan variabel yang mempengaruhi kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Aceh Singkil. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi pekerjaan harus dibuat sehingga para penyuluh pertanian dapat memahami tugas, wewenang dan tanggung jawabnya sebagai seorang penyuluh pertanian, tetap menjaga budaya kerja yang baik sehingga akan terus meningkatkan kinerja penyuluh pertanian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41250.pdf
Uncontrolled Keywords: job description, organization culture, performance, deskripsi pekerjaan, budaya organisasi kinerja
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 630-639 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) > 630.206 Organization and Management of Agriculture (Organisasi dan Manajemen Pertanian)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:51
Last Modified: 12 Aug 2016 07:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item