Tresnaningsih, Sri (2014) Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013. In: Seminar Temu Ilmiah Guru Nasional VI (TING VI), 28-30 November 2014, UTCC.
|
Text
2014-dn-034.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai peristiwa kenakalan remaja baik pada kehidupan nyata di lingkungan kita maupun berita di media masa atau media elektronika. Yang lebih memprihatinkan kenakalan remaja menimpa anak-anak yang masih sekolah. Dari waktu sebanyak 24 jam sehari, kurang lebih 30% keberadaan siswa di bawah kepengawasan pihak sekolah. Penyempurnaan kurikulum yang rata-rata terjadi lima tahun sekali belum bisa merubah karakter siswa secara signifikan. Dengan adanya Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum berkarakter diharapkan dapat menghasilkan siswa-siswa yang mempunyai jati diri, cakap dan cerdas baik pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta dapat mewujudkan insan terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran matematika yang meliputi kegiatan mengamati (mengamati fakta matematika), menanya (berfikir divergen), mengumpulkan informasi (mencoba, mengaitkan teorema), mengasosiasi (memperluas konsep, membuktikan), dan mengkomunikasikan (menyimpulkan dan mengaitkan dengan konsep lain) diharapkan dapat membentuk insan yang jujur, teliti, disipin, cinta lingkungan, kesederhanaan, gotong royong. Siswa lebih aktif dan bereksplorasi. Sifat-sifat tersebut dapat terbentuk msalnya dalam menemukan rumus isi bola. Peraga yang dibuat bisa diperoleh dari barang bekas. Untuk menemukan rumus isi bola secara induktif siswa melakukan pengamatan terhadap peraga setengah bola dan kerucut, kemudian siswa berdiskusi. Dan pada tahap akhir siswa dapat menyimpulkan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014-dn-034 |
Uncontrolled Keywords: | siswa, karakter, implementasi, kurikulum 2013 |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155.2 Individual Psychology, Characters (Psikologi Individual, Karakter) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.8 Students (Siswa, Murid, Pelajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 01:38 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 01:38 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4908 |
Actions (login required)
View Item |