Cahyono, Dwi (2010) Evaluasi Kinerja Berdasarkan DP3 Pada Dinas Perhubungan Pos dan Telekomunikasi Provinsi Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41133.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Untuk pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan sebagian kewenangan desentralisasi, tugas dekonsentrasi dan tugas pembantuan di bidang perhubungan, pos, dan telekomunikasi sesuai dengan lingkup tugasnya, maka Dinas Perhubungan Pos dan Telekomunikasi membutuhkan data dan informasi yang akurat dari unit kerja lainnya agar setiap permasalahan daerah terakomodir dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. Namun demikian data yang akurat tersebut sering tidak dapat terpenuhi baik dari segi kualitas maupun kuantitas sehingga pelaksanaan fungsi Dinas Perhubungan Pos dan Telekomunikasi kurang berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, kinerja aparatur yang ada di Dishubpostel belum dapat secara optimal berperanan sesuai tugas dan fungsi serta jabatan yang diembannya. Ini tentunya berdampak secara kuantitas maupun kualitas terhadap hasil perencanaan program kerja yang dihasilkan Dishubpostel sebagai lembaga pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan sebagian kewenangan desentralisasi, tugas dekonsentrasi dan tugas pembantuan di bidang perhubungan, pos, dan telekomunikasi di Provinsi Kepulauan Riau. Hal tersebut tentu saja terkait dengan kualitas dan mutu aparatur tersebut. Pada satu sisi tergambar bahwa kinerja aparatur Dishubpostel belum menggembirakan. Kenyataan ini dapat dilihat dari pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggungjawabnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan fokus penelitiannya pada evaluasi kinerja melalui penilaian DP3 pada Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau. Karena penilaian DP3 terhadap staf Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau terlihat terus mengalami peningkatan, hal ini melahirkan suatu pertanyaan bahwa apakah kinerja aparatur Dishubpostel memang sudah baik atau mekanisme penilaian DP3 yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan atau penilaian DP3 hanya sekedar masalah kebutuhan pegawai untuk kenaikan pangkat dan jabatan. Karena disinyalir bahwa nilai DP3 setiap pegawai harus meningkat terus, kalau tidak kenaikan pangkat dan jabatan bisa tertunda. Kenyataan nilai DP3 yang terus naik tersebut dapat dilihat dari data kepegawaian yang ada pada Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau dimana dari 40 Orang Pegawai Negeri Sipil yang ada pada Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau tidak satupun Pegawai Negeri Sipil yang nilai DP3-nya tetap. Dan rata-rata kenaikan nilai DP3- nya berkisar antara 0.5 sampai 2 point setiap tahunnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Penilaian kinerja PNS pada Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau yang dinilai berdasarkan DP3 PNS belum mencerminkan kondisi yang sebenarnya. Seperti tergambar dan hasil penelitian bahwa dari delapan indikator penilaian DP3 masih sangat kurang sesuai dengan kondisi sesungguhnya yang ada di lingkungan Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau. Untuk penilaian kesetiaan dan prestasi kerja memang sudah sangat objektif, namun tidak demikian halnya dengan penilaian indikator lainnya. Seperti penilaian tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerjasama, prakarsa dan kepemimpinan masih belum sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya ada di lingkungan Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau. 2. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan terjadinya perbedaan nilai DP3 PNS dengan kinerja PNS sesuai dengan kondisi sesungguhnya, yaitu faktor kenaikan pangkat, dimana DP3 merupakan salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat sehingga nilai DP3 yang diberikan oleh pejabat penilai cenderung 'membantu' PNS yang dinilai dalam rangka kenaikan pangkat. Faktor pengawasan yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap PNS yang dinilai masih lemah sehingga berdampak kepada pemberian nilai dan factor sosial. 3. Perbedaan kondisi kinerja pada Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau dengan penilaian DP3 menunjukkan bahwa penilaian DP3 tidak efektif dalam mengukur kinerja Dishubpostel Provinsi Kepulauan Riau. lni ditunjukkan dengan penilaian DP3 yang rata-rata cukup tinggi dibandingkan dengan kinerja yang masih belum optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41133.pdf |
Uncontrolled Keywords: | performance evaluation, dp3, work evaluation, evaluasi kinerja, dp3, penilaian kerja |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 08:05 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 06:37 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |