Tamjuddin, and Nasoha, Mohamad (2014) Persepsi Mahasiswa Universitas Terbuka tentang Branding Produk UT. In: Seminar Nasional UT 2014, 23 Oktober 2014, Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).
|
Text
fekonisip14422.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Produk unggulan Universitas Terbuka yang ditawarkan merupakan salah satu produk yang disediakan dan ditawarkan yang memiliki ciri khas tersendiri seperti format penyajian logo, tinjauan matakuliah dan kompetensi yang ingin dicapai. Persepsi mahasiswa terhadap branding merek, iklan, kualitas merek dan asosiasi merek produk UT tersebut diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif. Populasi responden pada penelitian ini adalah mahasiswa yang berada di area UPBJJ-UT Jabodetabek. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kriteria nonprobability sampling dengan metode convenience sampling. Dari sampel penelitian digunakan 150 mahasiswa UT. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengnan menyebar kuesioner dan metode tes. Pengukuran instrument menggunakan skala Likert 1-5. Hasil uji diperoleh bahwa mahasiswa lebih mengenal produk UT merek dibanding iklan, kualitas merek, dan asosiasi merek. Hasil uji korelasi dan komunalitas diindikasikan bahwa seluruh pernyataan terkait dengan empat komponen (merek, iklan, kualitas merek, dan asosiasi merek) dinyatakan valid. Hal ini tercermin dari setiap factor loading korelasi variabel dengan komponen persepsi yaitu diatas 0.40. dari Hasil analisis disimpulkan bahwa branding produk UT lebih menekankan pada merek, karena responden sangat mengenal merek produk UT dibanding komponen lain (iklan, kualitas merek dan asosiasi merek). Sehingga hal ini sangat membantu UT dalam melakukan sosialisasi dan promosi
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | fekonisip14422 |
Uncontrolled Keywords: | Produk UT, persepsi, kualitas merek, sosialisasi, promosi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional UT 2014 |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 06:02 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 04:56 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/4999 |
Actions (login required)
View Item |