Pengaruh Motivasi dan Persepsi Disiplin Kerja Pegawai Tehadap Kepuasan Pelayanan Pada Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun

Budiarti, Dwi Puspita (2008) Pengaruh Motivasi dan Persepsi Disiplin Kerja Pegawai Tehadap Kepuasan Pelayanan Pada Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40221.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah motivasi dan persepsi disiplin kerja pegawai Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun mempengaruhi kepuasan pelayanan yang diberikan pada pelaku usaha yang akan mengurus perizinan. Motivasi kerja yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kekuatan yang berasal dari dalam diri aparatur dalam melaksanakan tugas organisasi dengan alat ukur atau indikator sebagai berikut : dorongan untuk menyelesaikan pekerjaan, tujuan dan pemenuhan kebutuhan. Sedangkan yang dimaksud dengan persepsi disiplin kerja adalah pemahaman sikap, tingkah laku dan perbuatan aparatur yang sesuai dengan peraturan organisasi baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Disiplin kerja diukur dengan indikator sebagai berikut : sikap mental, pemahaman terhadap pekerjaan dan sikap kelakuan. Sementara itu kepuasan pelayanan ditentukan oleh kualitas barang/jasa yang dikehendaki. Kepuasan pelayanan diukur dari : keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, berwujud. Penelitian ini adalah penelitian ekrperimen lapangan dan dilakukan untuk menjawab dua hipotesis, yaitu : (1). Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan persepsi disiplin kerja terhadap kepuasan pelayanan pada Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun. (2). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan persepsi disiplin kerja terhadap kepuasan pelayanan pada Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun. Subjek penelitian adalah pelaku usaha yang akan mengurus perizinan. Sampel penelitian diambil secara kebetulan tanpa memperhitungkan ciri-ciri populasi (accidental sampling), analisis hipotesis dilakukan dengan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS 15. Dari hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa motivasi dan persepsi disiplin kerja pegawai Badan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karimun sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan yang diberikan kepada pelaku usaha (masyarakat yang mengurus perizinan). Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa motivasi kerja dan persepsi disiplin kerja pegawai mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40221.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja, persepsi disiplin kerja, kepuasan pelayanan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:15
Last Modified: 01 Aug 2016 08:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item