Konsep Pemberdayaan Pedagang Makanan Kaki Lima sebagai Potensi Wisata Kuliner (Studi Kasus Pedagang Makanan Kaki Lima di Kawasan Universitas Jember)

Kurniawan, Dediek Tri (2012) Konsep Pemberdayaan Pedagang Makanan Kaki Lima sebagai Potensi Wisata Kuliner (Studi Kasus Pedagang Makanan Kaki Lima di Kawasan Universitas Jember). In: Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan.

[img]
Preview
Text
fekon2012-60.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Beberapa belakangan ini, bisnis makanan kaki lima menjelma menjadi salah satu tren yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat kelas menengah kebawah. Keunikan tempat yang ditawarkan oleh pedagang makanan kaki lima (PMKL) berkembang menjadi sarana atau media interaksi antar masyarakat disetiap lapis golongan. Pelayanan yang mengangkat konsep kesetaraan (equality) atau pelayanan yang sama pada tiap konsumen menjadi kekuatan utama bagi bisnis ini. Bila dikembangkan, PMKL dapat menjadi salah satu sektor strategis yang mampu mendongkrak perekonomian Indonesia dimasa depan. Namun itu tidaklah mudah, mengingat beberapa konflik atau masalah yang ditimbulkan dari keberadaan PMKL. Kabupaten Jember merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi PMKL yang cukup baik. Pusat kawasan PMKL yang paling berkembang pesat di Kabupaten Jember adalah kawasan sekitar Universitas Jember. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji potensi PMKL melalui identifikasi kelemahan dan kekuatan yang kemudian dilakukan perancangan model wisata kuliner sebagai sarana pemberdayaan PMKL di Kawasan Universitas Jember. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Hasil tulisan ini menjelaskan bahwa konsep pemberdayaan PMKL berbasis potensi wisata kuliner dapat dicapai melalui Business Process Reengineering tanpa menghilangkan keunikan yang ada pada bisnis kaki lima. Perancangan ulang bisnis kaki lima akan mengacu pada beberapa poin utama: pengaturan Standard Operating Procedure, pengawasan pada standar keamanan produk melalui pemberian label/sertifikat khusus bagi PMKL, manajemen lokasi dan lingkungan, perbaikan jasa pelayanan, dan penyediaan sarana serta prasarana yang mendukung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): fekon2012-60.pdf
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pedagang Makanan Kaki Lima, Wisata kuliner
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.9 Economic Development and Growth (Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi,Pemberdayaan Ekonomi, Usaha Kecil)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FEKON-UT 2012
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 02 Nov 2016 01:48
Last Modified: 11 Jan 2019 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5103

Actions (login required)

View Item View Item