Asih, Dyah Tri (2012) Studi Implementasi Six Sigma berbasis DMAIC untuk mencapai target Service Level Agreement Jangka Waktu Proses Keputusan Kredit Pemilikan Rumah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41071.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Industri perbankan Indonesia kian agresif dalam menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah didorong oleh potensi pasar yang besar dan tingginya permintaan masyarakat. Pasar KPR ini menjadi ajang kompetisi yang kian menantang dengan semakin banyaknya bank papan atas bersaing di bisnis ini. Bank XYZ yang saat ini masih merupakan market leader KPR perlu melakukan beberapa terobosan untuk mempertahankan posisinya. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan yang prima berupa komitmen kecepatan proses persetujuan kredit yang saatini dinyatakan dalam Service Level Agreement, dimana jangka waktu proses keputusan KPR ditentukan maksimum 5 hari kerja. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana Bank XYZ mencapai target Service Level Agreement jangka waktu proses keputusan KPR 5 hari kerja melalui metode perbaikan proses Six Sigma berbasis DMAIC. Dalam penelitian ini, populasi yang menjadi obyek penelitian adalah semua data aplikasi permohonan Kredit Pemilikan Rumah yang diinput dalam system perekaman data Electronic Loan –Origination pada Bank XYZ selama periode Januari – Juli 2012. Sedangkan sampel yang diambil adalah semua data aplikasi permohonan Kredit Pemilikan Rumah pada Kantor Cabang A selama periode Januari samapai Juli 2012. Dalam penelitian ini digunakan beberapa alat basic statistic seperti mean, mode, median, pareto chart, cause and effect diagram untuk menganalisa jangkawaktu proses persetujuan kredit pemilikan rumah. Beberapa analisa data menggunakan program minitabserta Excel untuk pivot data. Sebelum dilakukan Six Sigma berbasis DMAIC, selama bulan Januari hingga April 2012 jumlah aplikasi yang tidak dapat memenuhi Service Level Agreement jangka waktu keputusan KPR 5 hari kerja adalah 46% atau level sigma proses = 1.4 sigma. Setelah implementasi Six Sigma berbasis DMAIC terjadi peningkatan pencapaian target SLA jangka waktu keputusan KPR sebanyak 91%. Pencapaian target dari 46% meningkat menjadi 88% atau level sigma proses = 2.67 sigma. Rekomendasi untuk manajemen Bank XYZ adalah agar hasil penelitian ini diajukan sebagai standar nasional dalam bentuk standard operating procedures (SOP) dan kebijakan untuk diaplikasikan secarabertahap dengan memperhatikan segment produk di seluruh cabang secara nasional sehingga kinerja pencapaian target SLA jangka waktu proses keputusan kredit dapat ditingkatkan secara terstruktur dan terukur . Bagi penelitian selanjutnya, direkomendasikan untuk melakukan penelitian dengan metodologi Six Sigma berbasis DMAIC untuk produk Kredit Pemilikan Rumah dan proses selanjutnya dari keputusan kredit yaitu proses pencairan kredit (Time to Disbursement) agar proses kredit secara keseluruhan diperbaiki kinerjanya dan berdampak langsung ke customer maupun developer.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41071.pdf |
Uncontrolled Keywords: | six sigma dmaic, service level agreement, the term credit approval, mortgage loans, six sigma berbasis dmaic, service level agreement, jangka waktu proses persetujuan kredit, kredit pemilikan rumah |
Subjects: | 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.7 Credit (Kredit) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 08:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 08:49 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/512 |
Actions (login required)
View Item |