Implementasi Penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Nunukan

Nirwana, (2013) Implementasi Penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Nunukan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41539.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Peranan sektor pertanian merupakan salah sektor penting pada ketersediaan pangan dan peningkatkan kesejahteraan petani. Kabupaten Nunukan merupakan salah satu daerah perbatasan yang menjadi sasaran dalam pembangunan sektor pertanian. Salah satu program pemerintah adalah program Sekolah Lapangan Pengelolan Tanaman Terpadu (SL-PTT). Program ini dilaksanakan hampir di seluruh wilayah kecamatan Kabupaten Nunukan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Implementasi Penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Nunukan, sedangkan permasalahan kedua adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Implementasi Penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) yang dilakukan di Kabupaten Nunukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan purposif sampel. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan Implementasi Penyelenggaraann SL-PTT didukung dengan berbagai faktof. Faktor pertama adalah komunikasi, dimana implementasi berjalan efektif karena adanya kejelasan tujuan kebijakan yang dikomunikasikan. Faktor kedua sumber daya, meliputi sumberdaya manusia, sumberdaya peralatan dan sumberdaya pendanaan. Faktor ketiga disposisi adalah watak dan karakteristik para implementor untuk mensukseskan penyelenggaran SL-PTT. Sementara faktor keempat struktm birokrasi yaitu adanya standard operating procedures (SOP) yang menjadi pedoman para implementor SL-PTT. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa lmplementasi Penyelenggaraan Sekolah Lapangan Pengelolan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Nunukan sudah berjaJan cukup baik dan sebagaimana mestinya, meskipun permasaJahan pada faktor sumberdaya pendanaan mengalami keterlambatan pendistribusian dana bantuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41539.pdf
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT), Pembangunan Pertanian.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.9 Special Education (Pendidikan Khusus)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 01 Aug 2016 08:47
Last Modified: 28 Feb 2019 01:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item