Penerapan Metode Pemecahan Masalah dalam Tutorial dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berfikir Rasional Mahasiswa s1 PGSD UT Surabaya Pokjar Jombang

Sambada, Dwi (2014) Penerapan Metode Pemecahan Masalah dalam Tutorial dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berfikir Rasional Mahasiswa s1 PGSD UT Surabaya Pokjar Jombang. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_188.pdf

Download (923kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang mengaplikasikan metode pemecahan masalah dalam kegiatan tutorial di Pokjar Jombang pada mahasiswa S1 PGSD pada matakuliah Konsep Dasar IPA di SD. Sangat penting mengajarkan kepada mahasiswa pemecahan terhadap suatu masalah IPA yang akan melatih kemampuan berfikir rasional mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir rasional mahasiswa S1 PGSD UT pada pembelajaran Konsep Dasar IPA di SD di UPBJJ UT Surabaya Pokjar Jombang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan nonequivalen groups pretest-posttest. Populasi adalah seluruh mahasiswa S1 PGSD UT pemrogram matakuliah Konsep Dasar IPA di SD di Pokjar Jombang. Sampel penelitian adalah kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Kegiatan penelitian dimulai dari penyiapan RAT, SAT, RE dan penyiapan instrumen penelitian berupa Tes yang mengacu pada metode pemecahan masalah dan keterampilan berfikir rasional, Lembar Kuesioner, Lembar Observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan dan respon mahasiswa terhadap pelaksanaan tutorial. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1)Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir rasional mahasiswa UT antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada pengukuran awal (pre-test). (2)Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir rasional mahasiswa UT antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada pengukuran akhir (post-test). (3)Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test pada kelompok eksperimen dengan perlakuan metode pemecahan masalah. (4)Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test pada kelompok kontrol tanpa perlakuan. (5)Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil kemampuan berpikir rasional mahasiswa UT antara yang mendapat perlakuan metode pemecahan masalah dengan yang tanpa perlakuan dengan thitung = 7,04 sedangkan ttabel = 1,66 dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_188
Uncontrolled Keywords: metode pemecahan masalah, kemampuan berfikir rasional
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:32
Last Modified: 04 Nov 2016 07:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item